logo seputarnusantara.com

Rully Chairul Azwar : Komisi X Akan Evaluasi UN Setelah Terima Laporan

Rully Chairul Azwar : Komisi X Akan Evaluasi UN Setelah Terima Laporan

Ir. Rully Chairul Azwar, M. Si., Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar

16 - May - 2013 | 11:56 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Penundaan Ujian Nasional (UN) di 11 provinsi menjadi berita utama di berbagai media massa dan sangat menarik perhatian Presiden SBY untuk menginstruksikan dilakukannya investigasi terhadap persoalan Ujian Nasional tersebut.

Sementara proses investigasi masih berlangsung dan para pengkritik di milis, media massa, ataupun media sosial menyoroti kekacauan dalam pengelolaan administrasi Ujian Nasional, akan lebih bermanfaat jika kita bisa menimba pelajaran dari realitas penyelenggaraan Ujian Nasional berdasarkan prinsip-prinsip penilaian pendidikan dan menawarkan solusi perbaikan untuk masa mendatang.

Menurut Ir. Rully Chairul Azwar, M. Si., Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, bahwa Komisi X DPR RI menunggu hasil investigasi dari Pemerintah mengenai permasalahan Ujian Nasional. Sampai sekarang Komisi X DPR RI belum menerima laporan resmi hasil investigasi Ujian Nasional tersebut.

” Nanti Menteri Pendidikan dan Kebudayaan akan menyampaikan hasil investigasi Ujian Nasional kepada kita. Hasil dari tim investigasi mengenai Ujian Nasional akan disampaikan oleh Mendikbud pada saat Raker (Rapat Kerja) dengan Komisi X DPR,” ungkap Rully kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Rabu 15 Mei 2013.

Rully memaparkan bahwa, yang jelas prinsipnya kita mau mengingatkan kepada pemerintah bahwa apakah Ujian Nasional berdampak negatif atau tidak, kalau memang berdampak negatif tentu kita akan segera melakukan evaluasi terhadap Ujian Nasional tersebut.

” Tujuannya adalah pemetaan standar pendidikan nasional, evaluasi pendidikan di Indonesia bagi anak didik. Kalau memang Ujian Nasional berdampak pada kecurangan, keterlambatan distribusi materi Ujian Nasional dll, tentu ini harus dievaluasi,” tegas Rully.

” Kita belum memberikan keputusan apa- apa, sepanjang belum mendapat laporan resmi hasil investigasi dari pemerintah. Memang ada beberapa pilihan kedepannya, apakah Ujian Nasional tetap ada, atau Ujian Nasional ada tapi sistemnya yang dirubah, ataupun Ujian Nasional dihapus diganti dengan Ujian dengan sistem rayon misalnya,” pungkas Rully Chairul Azwar di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline