logo seputarnusantara.com

Dr. Karolin Margret Natasa ( DPR RI ) : Quality Control Dokter Harus Diperhatikan

24 - Agu - 2010 | 04:24 | kategori:Kesehatan

KarolinJakarta. Seputar Nusantara. Pemerintah harus mengatur sebuah mekanisme kualitas dokter di Indonesia. Karena dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan kedokteran saat ini, maka sangat perlu mekanisme khusus untuk menjamin kualitas dokter di Indonesia. Belum lagi persaingan dokter- dokter luar negeri yang mempunyai perkembangan cukup pesat. Juga tingkat pengetahuan masyarakat yang terus meningkat, sehingga tuntutan masyarakat terhadap kualitas dokter di Indonesia- pun makin meningkat pula.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Karolin Margret Natasa, Anggota Komisi IX DPR RI. Menurutnya, ‘ Quality Control ‘ dokter di Indonesia perlu diperhatikan. Sebab dengan ‘ Quality Control ‘ tersebut, kita dapat melindungi kedua belah pihak baik itu para dokter maupun masyarakat. Keduanya harus dilindungi agar tercipta situasi yang kondusif dalam profesi dokter maupun kesehatan masyarakat.

Masih menurut Karolin, bahwa ujian kompetensi dokter yang dilakukan hanya setahun sekali, memang perlu di evaluasi. Sebab hal tersebut berdampak pada masalah biaya dan waktu. Dokter yang tidak lulus ujian kompetensi tahun ini, secara otomatis harus mengulang ujian pada tahun berikutnya, ini masalahnya.

Ujian Kompetensi tetap perlu dilaksanakan demi menjamin kualitas dokter Indonesia. ” Kalau ujian kompetensi dokter dihapus, itu tidak menyelesaikan masalah. Yang penting bagaimana agar dokter tidak dirugikan secara biaya dan waktu dalam ujian kompetensi. Ini yang harus di evaluasi,” ungkap Dr. Karolin Margret Natasa, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

Dr. Karolin menambahkan bahwa idealnya ujian kompetensi harus di integrasikan dengan ujian fakultas.

” Yang jelas para dokter dan calon dokter di Indonesia jangan putus asa. Dokter harus memberikan pelayanan yang bagus kepada masyarakat dan terus meningkatkan kualitas baik dari segi keilmuan, prakter maupun pelayanan masyarakat,” tegas Dr. Karolin Margret Natasa.  ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kesehatan | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.