logo seputarnusantara.com

Menikmati Lezatnya Ayam Pengemis, Hanya ada di Taman Teratai Hotel Jl. Raya Puncak Km. 75 Cisarua- Bogor

18 - Jan - 2010 | 15:52 | kategori:Kuliner

indri dan ayam pengemisPuncak- Bogor. Seputar Nusantara. Banyak makanan yang memiliki sejarah. Di Restoran Hotel Taman Teratai Jl. Raya Puncak Km. 75 Cisarua, Puncak- Bogor, ada ayam pengemis. Meski dinamai ayam pengemis, masakan itu ternyata kesukaan Kaisar China. Memasaknya butuh waktu berjam- jam. Hasilnya memang sangat istimewa. Ayam Pengemis ( Beggar Chicken ) itu memakai ayam kampung yang diberi bumbu lalu diungkep 2,5 jam. Kemudian dibungkus dengan daun pakis, alumunium foil dan terakhir dilapisi dengan tanah liat yang menyerupai bentuk ayam. Proses terakhir dipanggang selama kurang lebih 2,5 jam.

Taman Teratai Hotel 1Ketika dibuka, aroma wangi langsung tercium dari daun teratai. Apalagi salah satu bumbunya menggunakan bunga lawang. Ayamnya menjadi sangat empuk dan gurih. Masakan ini berasal dari China Kanton. Konon dalam sejarahnya seorang pengemis di China sedang asyik membakar ayam yang dia curi dan dibungkus dengan tanah liat. Aroma kelezatannya tercium pengawal Kaisar yang memang sedang mencari makanan untuk tuannya.

Akhirnya, sang pengawal membeli masakan dari sang pengemis itu. Namanya- pun menjadi ayam pengemis. Setelah itu, ayam dalam bongkahan tanah liat tersebut diserahkan kepada Kaisar. Ternyata sang Kaisar sangat menyukai masakan dari pengemis itu.

Menurut Olivia Indriani Priyadi ( 51 tahun ), Pemilik Hotel dan Restoran Taman Teratai, ayam pengemis lebih enak dan lezat jika menggunakan ayam kampung daripada ayam negeri. ” Aroma ayam kampung akan lebih keluar ketika dimasak lebih lama,” ujar Indriani Priyadi dengan senyum khasnya.

Menu ini sangat istimewa karena tidak setiap saat dihidangkan di restoran Taman Teratai. Jika ada tamu yang pesan baru dibuatkan. Paling sehari sebelumnya harus memesan. Ke khas-an dari Restoran ini adalah pada makanan dan minuman yang hampir semuanya terbuat dari bahan- bahan teratai. Mulai dari akar, biji, hingga daun teratai bisa dimanfaatkan. Namun teratai yang dimasak tersebut bukan teratai hias dengan bunga berwarna- warni, melainkan teratai yang batang, daun, dan buahnya menjulang di atas air. Selain makanan dan minuman serba teratai, untuk minumannya ada es teratai dan sekoteng teratai. Keduanya campuran dari ang co ( buah lengkeng yang dikeringkan ), kesemek kering, manisan jeruk kingkit, biji teratai dan bong tong hai ( labu putih yang dikeringkan dan dibuat manisan ).  Tinggal diberi es batu dan air. Sekoteng- pun sama, hanya kuahnya diganti dengan air gula yang diberi jahe.

Anda Penasaran dengan Lezatnya Ayam Pengemis, dan juga makanan serta minuman serba Teratai? Masakan Khas Restoran Taman Teratai Hotel? Silahkan Kunjungi Restoran Taman Teratai Hotel yang ada di Jalan Raya Puncak Km. 75 Cisarua- Bogor, Telepon : ( 0251 ) 8255925.  ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Kuliner | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.