logo seputarnusantara.com

Akbar Faizal : Ada Masalah Anggaran, Jangan Surutkan Pilkada Serentak

Akbar Faizal : Ada Masalah Anggaran, Jangan Surutkan Pilkada Serentak

Akbar Faizal, Anggota Komisi III DPR

30 - Jun - 2015 | 15:02 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi NasDem, Akbar Faizal mengatakan penyelenggara Pilkada serentak sudah demikian siap.

Hal tersebut mengacu pada beberapa skenario operasional teknis, pengamanan, dan penyelesaian sengketa yang dipaparkan secara komprehensif oleh para mitra kerja komisi. Hal ini disampaikannya dalam rapat gabungan Komisi II dan Komisi III dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Polri, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (26/6).

Akbar mengapresiasi kinerja dari Kemendagri, Polri, Bawaslu, dan KPU. Ia yakin bahwa persoalan anggaran dan operasional lainnya merupakan proses untuk menciptakan demokrasi yang sesuai harapan.

“ Walau memang ada permasalahan anggaran, saya rasa Rp 712 miliar untuk bangsa yang besar seperti Indonesia tidak menjadi masalah, demi sebuah demokrasi yang kita inginkan. Ini adalah pilkada serentak pertama dalan sejarah Republik Indonesia. Saya yakin itu bukan masalah, pasti akan bisa disiapkan, kok,” papar Akbar mengawali argumentasinya di hadapan anggota komisi dan mitra kerjanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabarhankan), Komjen Bayuseno memang mengeluhkan kekurangan anggaran Rp 712 milyar untuk pengamanan Pilkada serentak. Dari total anggaran Rp 1,07 trilyun, baru Rp 363 milyar yang disetujui.

Di samping itu, Akbar Faizal menyoroti kegaduhan politik antar partai yang memiliki tendensi untuk memundurkan jadwal Pilkada serentak. Ia menilai bahwa tindakan ini sebagai langkah inskonstitusional dari partai politik yang bersengketa. Landasan yuridis UU No. 8 Tahun 2015 sudah mengatur jelas mengenai waktu pelaksanaan Pilkada serentak. Akbar bersikukuh Pilkada serentak harus dilaksanakan sesuai jadwal, yakni 9 Desember 2015 karena para penyelenggara sudah menyatakan kesiapannya.

“Seluruhnya siap dan jangan sampai persoalan-persoalan ini menyandera partai-partai yang siap,” tegasnya. Jelang Pilkada serentak Desember mendatang, santer terdengar suara-suara yang meragukan kesiapannya. Namun demikian Fraksi NasDem tetap optimistis pesta demokrasi di daerah tersebut dapat dilaksanakan tepat waktu. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline