logo seputarnusantara.com

Ideal : 40% APBN Untuk Pendidikan

21 - Jul - 2010 | 15:10 | kategori:Pendidikan

pendidikanJakarta. Seputar Nusantara. Anggaran untuk pendidikan sebesar 20% dari APBN adalah yang terbesar dibanding pos lainnya. Tetapi untuk menyelenggarakan pendidikan formal secara gratis, perlu anggaran 40% dari nilai APBN. “Karena ruang lingkup pendidikan formal begitu luas dan negeri kita begitu luas, maka 20% itu belum apa-apa,”  ujar mantan Mendiknas Malik Fajar di sela lokakarya ‘Karakter Bangsa’ di Kantor Pusat Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII), Jl Tentara Pelajar, Patal Senayan, Jakarta, Rabu (21/7/2010). Lantas berapa persen idealnya anggaran pendidikan dalam APBN?

“Malaysia saja sudah sampai 40%,” jawab rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk optimalisasi anggaran yang 20% dari APBN yang sudah maka sebaiknya pemerintah fokus pada penyelenggaraan pendidikan dasar 9 tahun dab termasuk program Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Sementara untuk pendidikan tinggi, porsi subsidi pemerintah cukup 25% saja.

“Basic education gratis itu betul, tapi juga harus diingat peran dan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan swasta. Bukan cuma pemerintah. Harus ada sinergi positif dari berbagai aspek,” ujar Malik Fajar. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Pendidikan | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.