logo seputarnusantara.com

Jimly : Polisi Identik Dengan Tukang Peras

3 - Agu - 2010 | 14:56 | kategori:Hukum

jimlyJakarta. Seputar Nusantara. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Assiddiqqie menyindir polisi identik dengan tukang peras. Polisi yang dimaksud Jimly memang bukan Polri melainkan polisi di Afrika. Lalu bagaimana tanggapan Mabes Polri? “Biasa saja, kami tidak merasa tersindir,” ujar Kabidpenum Mabes Polri Kombes Marwoto Soeto saat dihubungi, Selasa (3/8/2010). Menurut Marwoto, pernyataan Jimly ditujukan untuk polisi di luar negeri. Sementara, untuk Polri tidak ada budaya peras-memeras. “Enggak ada itu. Itu kan di luar (negeri). Di kita enggak ada, enggak boleh itu,” ucapnya.

Dalam sambutan di seminar ‘Lumpuhnya Sistem Keadilan: Tantangan Penegakan HAM dan Peran Advokat untuk Kepentingan Publik’ di Hotel Harris, Jakarta, Jimly mencontohkan tingkatan mafia peradilan. Polisi adalah mafia pertama yang akan dijumpai.

“Mafia pertama isinya tukang peras, tukang peras pertama itu polisi. Tapi ini polisi di Afrika,” seloroh Jimly disambut gelak tawa peserta seminar.

Menurutnya, makin banyak kasus maka akan semakin banyak korban yang diperas. “Makin banyak kasus dia bersyukur. Jadi, Polisi itu identik dengan tukang peras,” tutur Jimly. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Hukum | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.