logo seputarnusantara.com

Ir. Muhammad Baghowi, MM,( DPR RI ) : Paket- Paket Penanganan Bencana Sangat Urgen

24 - Agu - 2010 | 05:03 | kategori:Politik

Muhammad BaghowiJakarta. Seputar Nusantara. Bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, tsunami, angin puting beliung dsb..sering terjadi di Indonesia. Bencana alam adalah fenomena alam, yang terkadang juga akibat ulah tangan manusia. Penggundulan hutan yang menyebabkan banjir dan tanah longsor, merupakan salah satu contoh fenomena alam bencana akibat ulah tangan manusia.

Menurut Ir.Muhammad Baghowi, MM, Anggota Komisi VIII DPR RI, bahwa dari sisi kebijakan, saat ini UU No. 14 Tahun 2007 sebagai basic Undang- Undang BNPB ( Badan Nasional Penanggulangan Bencana ) belum dilaksanakan secara sempurna. Yang belum dilaksanakan sesuai amanat UU adalah Pengarah. Pengarah berfungsi sangat strategis yaitu memutuskan dan menetapkan arah kebijakan, program, evaluasi, dan memantau penanganan bencana alam. Dari segi fungsi juga masih ada gesekan antara SAR ( Search And Rescue ) dan BNPB, ini masih tumpang tindih.

Masih menurut Baghowi, dari sisi anggaran, kalau pada tahun 2010 BNPB dapat dana RP 220 Milyar, maka pada tahun 2011 ada peningkatan cukup besar yakni Rp 660 Milyar lebih. Ini bentuk perhatian pemerintah terhadap BNPB agar program penanggulangan bencana alam di Indonesia ke depan lebih cepat dan baik lagi.

” Kalau penanganan bencana alam di daerah perkotaan lebih cepat daripada di pelosok- pelosok, hal ini karena akses jalan, infrastruktur, peralatan dan tanggap darurat di perkotaan lebih bagus daripada di pelosok- pelosok,” ungkap Ir. Muhammad Baghowi, MM, yang juga anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI ini dengan tegas.

Baghowi menambahkan bahwa saat ini pemerintah sangat serius dalam penanganan pasca bencana. Terbukti dana pemerintah yang sudah di gelontorkan untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi pasca bencana alam di Jawa Barat dan Padang- Sumatera Barat mencapai angka Rp 7 Triliun.

Baghowi menekankan agar pemerintah dalam hal ini BNPB agar mempercepat proses penanganan bencana. Baghowi mengusulkan kepada pemerintah agar ada paket- paket penanganan bencana. Misal Paket A ( Gempa Bumi ) berisi seluruh perlengkapan dan konsumsi untuk penanganan bencana gempa bumi. Paket B ( Gempa Bumi dan Tsunami ), Paket C ( Banjir ), Paket D ( Tanah Longsor ) dan Paket E ( Angin Puting Beliung ) dsb…

“Hal tersebut ( paket- paket penanganan bencana alam ) sudah saya usulkan kepada pemerintah dalam hal ini BNPB,” jelas Ir. Muhammad Baghowi, MM, dipenghujung wawancara. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik