logo seputarnusantara.com

Drs. Yoseph Umar Hadi,M.Si,MA (DPR RI) : Kereta Api Harus Siap Angkut Pemudik

28 - Agu - 2010 | 14:16 | kategori:Politik

IMG_0927Bandung. Seputar Nusantara. Kereta Api sebagai salah satu sarana untuk mudik, sudah semestinya memberikan pelayanan yang maksimal. Kereta Api sebagai moda transportasi darat yang mampu menampung banyak penumpang, memang sangat diminati oleh para pemudik. Disamping karena harganya terjangkau, kereta api juga tidak mengalami kemacetan seperti bus. Sehingga banyak masyarakat yang memilih kereta api sebagai sarana pulang kampung saat Lebaran.

Hal tersebut disampaikan oleh Yoseph Umar Hadi, anggota Komisi V DPR RI, saat meninjau Stasiun Kereta Api Bandung pada Sabtu ( 28/8/2010). Yoseph menyampaikan agar diantisipasi penumpang yang berebut tempat duduk dan maraknya calo tiket. ” Pemandangan yang tak sedap di kereta api kelas ekonomi adalah penumpang lewat jendela, berjubel di dalam gerbong, berebut kursi, pedagang, pengamen marak dalam kereta api dll…,” terang Yoseph Umar Hadi.

Yoseph menekankan agar pengamanan di perlintasan kereta api diperketat lagi, khususnya perlintasan tanpa palang dan penjaga. ” Menjelang, saat dan pasca Lebaran, frekwensi lalu lintas kereta api semakin tinggi. Maka pengamanan perlintasan kereta api harus ditingkatkan lagi. Kita semua harus mendukung upaya ini,” tegasnya.

Disamping itu, masih menurut Yoseph Umar Hadi, sering terjadinya lemparan ke arah kereta api sangat mengganggu perjalanan. Dia berharap tidak ada lagi kejadian seperti itu.

Masalah yang sangat penting lainnya, menurut Yoseph Umar Hadi adalah perawatan dan peremajaan kereta api. Banyak sekali kereta api yang sudah tua umurnya. ” Harus dicari solusi, bagaimana agar sarana transportasi khususnya kereta api ditingkatkan lagi kualitasnya khususnya segi perawatan,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Lebih jauh Yoseph menjelaskan, mengapa pemudik banyak menggunakan sepeda motor? Karena kapasitas kereta api sangat terbatas sehingga banyak yang tidak terangkut, maka mereka mencari alternatif mudik dengan sepeda motor. ” Saya menekankan agar kenyamanan dan keselamatan penumpang kereta api diutamakan, ” tegas Yoseph Umar Hadi. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik