logo seputarnusantara.com

Achmad Dimyati Natakusumah ( DPR ) : Saya Optimis 90% Target 2010 Tercapai

1 - Sep - 2010 | 03:22 | kategori:Politik


dimyati

Gambar Atas : Anggota DPR RI dari Fraksi PPP Periode 2009- 2014 yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPR, Achmad Dimyati Natakusumah.

Jakarta. Seputar Nusantara. Badan Legislasi ( Baleg ) DPR RI optimis bisa menyelesaikan 70 Rancangan Undang-Undang ( RUU ) yang masuk dalam daftar prioritas Program Legislasi Nasional ( Prolegnas ) tahun 2010.

” Saya sangat optimis Baleg dapat menyelesaikan 70 RUU yang masuk dalam Daftar Prolegnas, paling tidak 90% bisa tercapai,” kata Wakil Ketua Baleg DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah.

” Membuat UU itu tidak berdasarkan pada progres bulan per- bulan. Pada tahun 2010 ini kita tetapkan 70 RUU. Kemudian kita melakukan observasi, assesment, pemetaan, RDPU, mengundang para pakar dan rapat- rapat pembahasan RUU di Baleg,” terang Achmad Dimyati Natakusumah.

Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Achmad Dimyati Natakusumah menjelaskan, sikap optimis tersebut karena DPR telah menerbitkan aturan pembahasan sebuah RUU maksimal selama dua kali masa sidang serta pembahasannya melalui komisi dan panitia khusus ( Pansus ).

“Dengan pembatasan waktu maksimal dua kali masa sidang maka tidak ada lagi pembahasan RUU yang sampai terbengkalai seperti pada periode sebelumnya,” jelas Achmad Dimyati Natakusumah.

Selain pembatasan masa sidang, kata Achmad Dimyati Natakusumah, DPR juga telah menerbitkan aturan yakni pembahasan RUU di tingkat komisi kecuali RUU yang substansinya lintas komisi maka akan dibahas oleh Pansus.

Dari seluruh komisi di DPR, katanya, jika setiap komisi rata-rata membahas tiga RUU maka dari 11 komisi yang ada telah membahas 33 RUU. Dijelaskannya, dari 70 RUU yang masuk dalam prioritas Prolegnas 2010, sebanyak 31 RUU di antaranya adalah revisi dari UU sebelumnya.

“Pembahasan revisi UU ini tidak memakan waktu lama karena yang dibahas hanya pasal per- pasal yang kontennya kurang dari 50%,” kata anggota DPR dari Fraksi PPP, Achmad Dimyati Natakusumah. ( Aziz ).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik