logo seputarnusantara.com

Polisi : Akar Permasalahan Premanisme adalah Kemiskinan dan Kebodohan

2 - Okt - 2010 | 06:57 | kategori:Hukum

premanJakarta. Seputar Nusantara. Maraknya aksi kekerasan oleh kelompok masyarakat atau premanisme dinilai berakar dari masalah kemiskinan dan kebodohan yang tak kunjung diselesaikan. Oleh karenanya, pemberantasan premanisme adalah tugas semua pihak, tidak hanya Polri semata. “Akar permasalahan ini kebodohan dan kemiskinan. Ini bukan hanya tugas polisi, tapi tugas semua pihak,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan, dalam ‘Polemik’ di Warung Daun, Jl Cikini Raya, Jakarta, Sabtu (2/10/2010).
Polri, kata Iskandar, juga sudah memetakan kantong-kantong premanisme yang berada di DKI Jakarta. Preman di pelosok-pelosok ibukota ini juga dipimpin oleh pemeimpin yang disegani.

“Kelompok ini ada panutannya, kesetiaannya cukup bagus kepada pimpinannya. Karenanya persoalan sosiologis ini bukan tugas polisi saja,” kata Iskandar.

Budayawan Garin Nugroho menilai maraknya aksi kekerasan juga disebabkan oleh kepemimpinan yang tidak tegas. Gaya kepemimpinan yang akomodatif dan menjaga keseimbangan semua pihak ini melunturkan sikap kenegarawanan seorang pemimpin.

“Kenegarawanan tidak ada dalam era ini. Kenegarawanan Presiden tidak terjadi demi perdamaian semu,” kata Garin. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Hukum | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.