logo seputarnusantara.com

Telkomsel Jabotabek-Jawa Barat Pastikan Layanan di Jalur Mudik Idul Fitri Prima

28 - May - 2019 | 04:43 | kategori:Nasional

Bandung. Seputar Nusantara. Telkomsel wilayah operasional Jabotabek-Jabar melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi mudik dan perayaan Lebaran, termasuk optimalisasi jaringan demi kenyamanan berkomunikasi bagi pelanggan sepanjang perjalanan mudik Lebaran 2019.

Pada musim mudik dan perayaan Lebaran tahun ini, Telkomsel wilayah Jabotabek-Jabar memberi perhatian khusus terhadap titik-titik keramaian dan jalur mudik seperti bandara, terminal, mal, jalan tol, pelabuhan dan tempat wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi selama arus mudik.

Executive Vice President Telkomsel wilayah Jabotabek-Jabar, Ririn Widaryani menyatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan untuk memberi pelayanan maksimal kepada pelanggan saat arus mudik berlangsung. Pihaknya juga memastikan jaringan di jalur-jalur mudik sudah siap.

“Kesiapan network kita masih sangat-sangat kritikal, termasuk arah Sumatera sampai Merak harus pastikan terlayani dengan maksimal. Di Jabar ada kantong-kantong mudik yang juga harus dipastikan dan destinasi wisata,” ucapnya, di Kantor Telkomsel Wilayah Jabotabek-Jabar, di Kota Bandung, Senin (27/5).

Sementara itu, Vice President ICT & Network Telkomsel wilayah Jabotabek-Jabar Juanita Erawati menambahkan, seperti tahun sebelumnya pihaknya telah menyiapkan jaringan di jalur-jalur mudik Lebaran. Mulai dari jalan tol di jalur utara dan selatan, bandara, pusat keramaian dan lainnya.

Untuk di ruas tol Trans Jawa dari mulai Pelabuhan Bakauheni-Jakarta-Cipali sampai Jawa Tengah termasuk Tol Bocimi sudah 100 persen terlayani jaringan 4G. Dari total ruas yang ada kurang lebih hanya 1,3 persen saja jaringannya kurang maksimal.

“Rata-rata speed tesnya itu 20,13 Mbps,” klaimnya.

Pada mudik Lebaran tahun ini pihaknya juga memberi perhatian khusus terhadap kondisi jaringan di jalur kereta api. Untuk jalur kereta dari Jakarta menuju Jateng maupun Jakarta Bandung sudah 95% terlayani 4G.

“Dari jumlah itu bad coverage sekitar 6% dengan speed tes rata-rata 6,49 Mbps. Itu untuk chatting cukup berlebihlah,” ucapnya.

Selain di jalur mudik, pihaknya juga memberi fokus perhatian terhadap pusat-pusat keramaian yang ada di wilayah Jabotabek dan Jabar. Pihaknya menyiapkan 87 point of interest (POI) yang berada di dua wilayah tersebut.

“Selain jalur kita juga siapkan POI seperti di tempat wisata, mal. Di Jabotabek ada 45 POI dan Jabar ada 42 POI,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, untuk mencover 45 POI di wilayah Jabotabek ada lebih 1.000 BTS yang disiagakan. Selain itu pihaknya juga menyiapkan 11 BTS bila terjadi lonjakan komunikasi atau koneksi di wilayah tersebut.

Sementara di wilayah Jabar, kurang lebih ada 3.500 BTS yang siap memberi suport jaringan kepada pelanggan. Selain itu ada 20 combat untuk mengantisipasi adanya lonjalan jaringan.

“Combat itu ditempatkan di alun-alun, tempat wisata di kantong-kantong mudik,” ucapnya.

Secara keseluruhan, kesiapan jaringan Telkomsel untuk menghadapi mudik dan perayaan Idul Fitri 2019 sudah siap. Seluruh persiapan telah dilakukan dengan maksimal demi memberi kenyamanan berkomunikasi para pelanggan. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Nasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.