logo seputarnusantara.com

Buah Melon Berbentuk Kotak di Mekarsari

31 - Mar - 2009 | 02:24 | kategori:Politik

mekarsariJakarta. Seputar Nusantara. Melon ini lain daripada yang lain. Jika biasanya buah Melon berbentuk bulat, yang ini justru berbentuk kotak. Buah Melon kotak ini dikembangkan di Indonesia! Buah Melon kotak yang unik ini dikembangkan oleh Taman Wisata Mekarsari yang terletak di Jl. Raya Cileungsi – Jonggol Km 03, Bogor, Jawa Barat. Menurut Kepala Bagian Kebun Produksi dan Penelitian Mekarsari, Riris Margiana Sari, rekayasa budidaya tanaman Melon itu dikembangkan sejak Desember 2008.

“Kemarin baru saja kita pamerkan, belum diproduksi massal dan diperjual-belikan,” ungkap Riris, Senin 30 Maret 2009. Riris kebetulan juga sebagai anggota peneliti melon kotak tersebut.

Selain Riris, ada beberapa peneliti lain yang masuk dalam tim pengembangan Melon kotak ini.

“Selain saya, ada juga Pak Tarimin, Pak Guntoro, Pak Darto, dan Pak Caca. Juga ada tim penasihat Pak A Widodo dan Pak M Reza,” terangnya.

Mengapa memilih bentuk kotak? Menurut Riris, sebenarnya Mekarsari berniat membuat melon dalam berbagai bentuk. Namun untuk uji coba pertama kali, kotak adalah bentuk yang paling mudah dan sederhana.

“Itu yang paling mudah untuk pertama kali dibuat. Nanti kita juga kepingin buat bentuk lain seperti segitiga, piramida dan sebagainya,” kata Riris.

Riris mengatakan, ide awal rekayasa budidaya melon itu diambil dari budidaya semangka di Jepang.

“Di sana, di Jepang kan sudah ada semangka yang dibentuk macam-macam. Nah karena kita punya Wahana Melon, kita bisa uji coba,” jelas Riris. ( Rizqi )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik