logo seputarnusantara.com

Drs. Paulus Yohanes Sumino, MM. (DPD) : Tingkatkan Status Bencana Banjir Bandang di Wasior- Papua Barat Menjadi Bencana Nasional

26 - Oct - 2010 | 03:12 | kategori:Politik

IMG_1197Gambar atas : Drs. Paulus Yohanes Sumino, MM, Anggota DPD Papua

Jakarta. Seputar Nusantara. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Provinsi Papua, Drs. Paulus Yohanes Sumino, MM, mengharapkan bencana alam banjir bandang di Wasior- Papua Barat dapat dijadikan sebagai momentum penanganan bencana secara terintegrasi oleh pemerintah.

“ Kita perlu melihat bencana banjir bandang di Wasior- Papua Barat itu sebagai Bencana Nasional. Bencana itu terjadi karena adanya pembalakan liar dan bencana alam biasa terkait terjadi perubahan iklim global/ curah hujan sangat tinggi. Tapi yang terpenting menurut saya adalah bagaimana kondisi itu bisa tertangani dengan baik dan penderitaan rakyat bisa tertolong secepatnya,” kata Paulus Yohanes Sumino saat ditemui seputarnusantara.com di ruang kerjanya kantor DPD RI di Jakarta, Senin 25 Oktober 2010.

Menurut Paulus Yohanes Sumino, dengan status Bencana Nasional maka banyak  kabupaten/kota, provinsi bahkan masyarakat Indonesia serta dunia internasional beramai-ramai membantu penanganan bencana itu, sehingga hilang rasa perbedaan ras, suku, agama dan golongan.

” Semua pihak mengeluarkan bantuan sesuai kemampuan, maka adalah sangat aneh kalau ada institusi negara masih ego sektoral dan lempar tanggung- jawab di saat bencana menimpa satu wilayah di tanah air,” ungkap Paulus Yohanes Sumino.

Masih ada Pemda yang menyebutkan bencana adalah tanggung jawab pusat, demikian pula sebaliknya, kalaupun mau ikut menangani semua diproyekkan.

Hal itu , disebut Paulus Yohanes Sumino, jelas melukai hati rakyat yang terkena bencana tersebut. Namun kepedulian pemerintah dan berbagai pihak bisa menghilangkan peta konflik yang selama ini terjadi di Papua, dimana selama ini masyarakat disana merasa dipinggirkan dan tidak diperdulikan.

“Jadi momentum ini harus dimanfaatkan oleh pemerintah, bukan saja dalam saat penanganan bencana Wasior tersebut, tapi pembangunan Papua yang lebih maju di masa yang akan datang,” kata Paulus Yohanes Sumino dengan mantap.

Sedangkan terkait lebih 80 persen wilayah Indonesia merupakan rawan bencana, maka setiap perencanaan pembangunan termasuk ijin konsesi pengolahan sumber daya alam, harus dimasukan preventif resiko bencana.
Khusus mengenai kunjungan Presiden RI ke Wasior beberapa waktu yang lalu, Paulus Yohanes Sumoni sebagai anggota DPD RI dari Papua mengucapkan terimakasih, karena secara khusus memperhatikan masyarakat Wasior yang terkena musibah tersebut.

” Hal tersebut bisa dilanjutkan dengan perbaikan secepatnya agar kondisinya kembali pulih, syukur-syukur bisa lebih baik dari sebelumnya, tentu dengan kebijakan dukungan dana dari berbagai pihak,” ucap Drs. Paulus Yohanes Sumino, MM, Anggota DPD RI dari Papua. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik