logo seputarnusantara.com

Drs. H. Roem Kono ( Komisi V DPR RI ) : Manajemen Transportasi Jakarta Harus Segera Diperbaiki Untuk Urai Kemacetan

31 - Oct - 2010 | 12:00 | kategori:Politik

IMG_1194Gambar atas : Drs. H. Roem Kono, Anggota Komisi V DPR RI

Jakarta. Seputar Nusantara. Kemacetan lalu lintas di kota-kota besar merupakan sinyalemen pergeseran nilai dari masyarakat komunal ke individualisme. Seperti halnya kemacetan yang terjadi di DKI Jakarta. Menurut Drs. H. Roem Kono, Anggota Komisi V DPR RI, bahwa yang harus segera dilakukan oleh pemerintah adalah perbaikan manajemen transportasi. Sebab dengan perbaikan manajemen transportasi, maka kemacetan di DKI Jakarta akan dapat terurai.

Roem Kono menjelaskan bahwa salah satu ciri khas kaum urban adalah masalah pesatnya transporasti. Namun, ketiadaan angkutan massal yang nyaman, murah, serta cepat juga menjadi penyebab utama kemacetan, sehingga warga terpaksa menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi andalannya.

Walhasil, kemacetan lalu lintas pun tidak terelakkan lagi. Tak heran kalau sejumlah kota besar, semisal Jakarta, mengalami masalah kemacetan yang sangat parah.

Masih menurut Roem Kono, kemacetan di kota besar seperti Jakarta, terkait erat dengan minimnya angkutan massal dan infrastruktur pendukungnya. ”Dalam perkembangan kota, masalah kemacetan adalah konsekuensi logis karena masyarakat perdesaan menjadikan kota sebagai tempat mengais rezeki,” ungkap Roem Kono.

Roem Kono menilai kemacetan di Jakarta faktor penyebabnya beragam, misalnya minimnya jalur transportasi umum dan angkutan massal serta manajemen transportasi yang tidak bagus.

Kalaupun ada, jumlahnya tidak sebanding dengan pertambahan penduduk dan ledakan jumlah kendaraan. Karena itu, dia mengusulkan agar pemerintah DKI Jakarta segera mengambil langkah- langkah nyata guna menghindari kemacetan yang lebih parah lagi.

” Di samping itu, pertambahan kendaraan bermotor pun semakin meningkat tajam. Contohnya mobil dan sepeda motor. Berdasarkan pengamatannya, pengendara sepeda motor di Kota Jakarta itu semakin bertambah pesat,” ujar Roem Kono, Politisi Partai Golkar saat dihubungi seputarnusantara.com via telpon. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Politik | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Politik