logo seputarnusantara.com

Ir. Soepriyatno : Pemerintah Harus Bangun RS Khusus Orang Miskin

Ir. Soepriyatno : Pemerintah Harus Bangun RS Khusus Orang Miskin

Ir. Soepriyatno, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra

30 - Mei - 2011 | 15:33 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Pemerintah belum mampu memberikan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat. Terbukti masih banyak masyarakat khususnya mereka yang miskin dan tidak mampu, belum memperoleh hak- haknya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Ditolaknya pasien miskin oleh RS (Rumah Sakit), bayi yang disandera rumah sakit karena orang tuanya belum bisa membayar biaya RS dan peristiwa- peristiwa lainnya, merupakan contoh betapa buruknya pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Menurut Ir. Soepriyatno, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya), bahwa pelayanan kesehatan merupakan kewajiban pemerintah. Menurutnya, pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat jelas menjadi kewajiban pemerintah. Pemerintah bertanggung- jawab dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan yang layak kepada masyarakat. Sebab pemerintah sebagai penyelenggara negara mempunyai kewajiban memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada warganya.

” Maka kita mendorong agar BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) segera terealisasi. Sebab dengan terealisasinya BPJS, maka masyarakat akan mendapatkan jaminan sosial termasuk jaminan kesehatan,” tegas Ir. Soepriyatno, Politisi Partai Gerindra ini.

” Menurut saya, pemerintah sebenarnya sudah mempunyai niat baik, tetapi fasilitas kesehatan masih sangat terbatas. Maka yang terjadi adalah pasien miskin tidak memperoleh pelayanan kesehatan yang layak,” tegasnya.

Menurut Soepriyatno, harus ada jalan keluar agar pemerintah dapat memberikan pelayanan kesehatan yang memadai dan baik kepada masyarakat. Pertama, Puskesmas ( Pusat kesehatan masyarakat) harus ada kamar rawat inapnya, sebab Puskesmas merupakan tempat pelayanan kesehatan yang sangat mudah dan cepat dijangkau oleh masyarakat dan kedua, pemerintah harus mempunyai RS khusus orang miskin. Dengan pemerintah membangun RS khusus orang miskin, maka warga miskin akan mendapatkan hak- haknya memperoleh pelayanan kesehatan dari pemerintah.

” Saya juga menyoroti pelayanan kesehatan di daerah yang masih buruk. Hal tersebut bisa terjadi dikarenakan cita- cita sangat tinggi dari pemerintah, tetapi fasilitasnya masih sedikit atau rendah. Pelayanan kesehatan untuk masyarakat menjadi tidak layak karena fasilitas yang tidak memadai tersebut. Artinya jumlah pasien yang harus dirawat tidak sebanding dengan fasilitas kesehatan yang tersedia,” pungkas Soepriyatno. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline