logo seputarnusantara.com

Bupati Talaud Raih Penghargaan ‘Indonesian Women Of The Year Award’

Bupati Talaud Raih Penghargaan ‘Indonesian Women Of The Year Award’

Sri Wahyumi Maria Manalip, SE., (kanan), dan Prof. DR. H.B Katili, MM., (kiri) di Hotel Lumire- Jakarta Pusat.

21 - Des - 2014 | 19:12 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Sri Wahyumi Maria Manalip, SE., Bupati Kepulauan Talaud- Sulawesi Utara, berhasil meraih penghargaan ‘Indonesian Woman Of The Year Award 2014’ di penghujung tahun 2014 ini.

Penghargaan ini diberikan Lembaga Citra Prestasi Anak Bangsa (CPAB), Jakarta, karena menilai Sri Wahyumi berhasil menjadi orang nomor-1 di Kepulauan Talaud, dan merupakan wanita pertama yang memimpin Kabupaten Talaud, sejak pemekaran tahun 2002.

Bahkan berdasarkan penelusuran tim lembaga diketahui, dalam pertarungan di Pilkada akhir tahun 2013 itu, Sri Wahyumi bersama pasangannya, calon Wakil Bupati (Petrus Simon Tuangge) waktu itu, hanya diusung oleh partai-partai kecil non- parlemen (yang tidak lolos Electoral Threashold tahun 2009). Namun sebelumnya, berbagai kelompok masyarakat mengusulkannya untuk menjadi Bupati, periode 2013- 2018.

Akhirnya, Sri Wahyumi bersama pasangan Wakil Bupati, berhasil memenangkan pertarungan dengan tingkat keterpilihan 36,23%. Sehingga merekalah yang memimpin Kepulauan Talaud yang ibukotanya Melonguane ini, kendati baru dilantik Juli 2014. Karena salah satu pasangan Cabub menggugatnya ke MK.

Selain itu, Lembaga Citra Prestasi Anak Bangsa juga menilai gebrakan-gebrakan yang dilakukan wanita cerdas ini sebagai langkah pro- rakyat dan membumi. Terutama dalam pengembangan sumber daya alam, dan perekonomian rakyat. Perhatiannya kepada kebutuhan pembangunan rakyat, sangat nampak dalam kesehariannya. Iapun tak sungkan-sungkan blusukan ke pasar-pasar tradisionil, perkampungan nelayan, dan desa-desa yang masih tertinggal.

Bersama Bupati cantik ini, ada 17 tokoh daerah lainnya yang terpilih dalam kategori berbeda. Dimana pada awalnya terjaring 43 orang, dan terseleksi menjadi 26 orang pada tahap kedua. Diantara penerima penghargaan, ada pula: Wakil Bupati Seluma (Bengkulu); Kepala- Kepala Dinas; Ketua/ Wakil Ketua DPRD; Ketua KNPI; Pengusaha dan Akademisi.

Menjawab pertanyaan wartawan, usai menerima penghargaan, wanita ramah inipun sangat biasa menanggapi diraihnya penghargaan. Ia mengatakan, itu sebagai wujud dedikasinya kepada rakyat Talaud.

“ Ya, saya mengucap syukur kepada Tuhan. Karena penghargaan ini merupakan wujud dedikasi saya kepada masyarakat Talaud,” ucap Sri Wahyumi, saat dihubungi wartawan Jakarta, yang menanyakan kesan dan pesan atas penghargaan.

Sri Wahyumi menerima Medali Emas; Piala dan Sertifikat Pigura, bersama tokoh-tokoh lainnya. Penghargaan diserahkan Wakil Ketua Dewan Pembina Lembaga Citra Prestasi Anak Bangsa, Prof. DR. H.B Katili, MM, dan Vice Chairman, Danny PH Siagian, SE, MBA, MM, didampingi Ketua Pelaksana, David G. Acara penganugerahan penghargaan dilangsungkan pada hari Sabtu, 13 Desember 2014, di Grand Ballroom, Hotel Lumire, Jakarta Pusat.

Sementara itu, Lembaga Citra Prestasi Anak Bangsa adalah lembaga independen pemantau SDM berprestasi, yang bersifat non- profit oriented dan non- partisan. Dalam kriteria pemantauannya, lembaga ini menggunakan beberapa faktor pendekatan yang dijadikan referensi penilaian antara lain: (1). Mampu mendorong peningkatan pembangunan yang berkaitan dengan Iptek, Pendidikan, Sosial dan Budaya, Lingkungan Hidup dan lain-lain; (2). Memiliki Etos Kerja yang tinggi, serta berprestasi dalam peningkatan kualitas dan produktivitas SDM; dan (3). Memiliki ‘Sense of Human’ serta jiwa kepemimpinan yang layak jadi panutan masyarakat. Dan bagi Lembaga Citra Prestasi Anak Bangsa, setiap mereka yang telah membuktikan kerja nyatanya di masyarakat, perlu diberikan apresiasi.

Sebelumnya, Sri Wahyumi juga pernah menerima penghargaan ‘The Top Executive & Professional Award 2014’ dari Lembaga Anugerah Prestasi Insani. Penghargaan tersebut juga sebagai pengakuan atas prestasi isteri hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Balikpapan ini, sebagai insan pelaksana pemerintahan di Kepulauan Talaud.

Di acara hiburan, penyanyi kondang tahun 85-an, Ratih Purwasih (adik dari Endang S. Taurina), membawakan lagu-lagu popnya yang dulu cukup familiar di masyarakat. Tak ketinggalan, Danny Siagian, yang juga vokalis festival band antar kampus tahun 83-an ini, menggebrak suasana dengan lagu rock ‘n roll diujung acara. (Aziz/ Dans)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline