logo seputarnusantara.com

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah : Momentum Hari Raya Idul Fitri, Stok Pangan di Purworejo Mencukupi dan Harga Pangan Stabil

16 - Apr - 2024 | 16:29 | kategori:Headline

Keterangan foto : Hadi Sadsila, SP., MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah 

Purworejo. Seputar Nusantara. Momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M menjadi peristiwa yang menggembirakan dan membahagiakan khususnya bagi Umat Islam. Sebab, setelah 1 bulan penuh berpuasa di Bulan Suci Ramadhan, maka Hari Raya Idul Fitri merupakan suatu hal yang membahagiakan.

Menurut Hadi Sadsila, SP., MM., Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah bahwa dalam rangka menjaga kestabilan harga pangan khususnya saat Hari Raya Idul Fitri, kita menyelenggarakan Gerakan Pangan Murah untuk meringankan beban masyarakat.

” Gerakan Pangan Murah rutin kita selenggarakan jauh- jauh hari sebelum Lebaran. Gerakan Pangan Murah untuk menjaga stok pangan dan juga menstabilkan harga pangan di tingkat pasar,” ungkap Hadi Sadsila kepada Wartawan Media Online seputarnusantara.com di ruang kerjanya, pada Selasa 16 April 2024.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa stok pangan di Kabupaten Purworejo sampai hari ini masih aman. Karena di wilayah Purworejo masih banyak yang panen padi dan juga dukungan dari BULOG, sehingga ketersediaan beras aman.

” Walaupun di beberapa wilayah Purworejo diserang hama, namun Alhamdulillah produktifitas padi masih maksimal. Serangan hama juga tidak mengurangi secara signifikan produksi padi di Purworejo,” tegasnya.

Disamping itu, lanjutnya, harga- harga pangan juga cenderung stabil. Walaupun beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan, namun tidak terlalu tinggi kenaikannya dan masih bisa dijangkau oleh masyarakat.

” Ini semua merupakan kerjasama tim yang solid. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, TNI/ POLRI, Dinas Kesehatan dan instansi- instansi lainnya kerja keras untuk menjaga stok pangan dan menstabilkan harga komoditas pangan,” imbuhnya.

Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian masuk dalam TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Kabupaten Purworejo. TPID salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah mengendalikan inflasi.

” Dan Alhamdulillah di Kabupaten Purworejo inflasi tidak naik secara fluktuatif. Inflasi masih dalam ambang batas normal dan dibuktikan dengan harga- harga pangan yang cukup stabil dan dapat dijangkau oleh masyarakat,” terangnya.

” Walaupun beberapa waktu yang lalu harga cabai dan daging ayam sempat mengalami kenaikan, namun kenaikannya tidak.signifikan, masih dalam jangkauan masyarakat. Dan untuk harga beras sudah mengalami penurunan. Yang jelas stok pangan di Purworejo aman dan kondusif,” pungkas Hadi Sadsila di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline