logo seputarnusantara.com

Nantinya Anak Terlantar dan Anak Jalanan Dapat Kartu Indonesia Pintar

Nantinya Anak Terlantar dan Anak Jalanan Dapat Kartu Indonesia Pintar

Anak telantar sedang mengemis di jalanan

26 - Feb - 2015 | 15:12 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Kartu ‘sakti’ adalah salah satu program unggulan pemerintahan Jokowi-JK sejak awal melakukan kampanye. Awal tahun ini pun akan kembali dicairkan dana untuk kartu-kartu tersebut.

Sasaran utama pemberian dana lewat kartu ini adalah keluarga dengan tingkat kesejahteraan rendah. Tahun ini akan ada tambahan 500.000 keluarga lagi yang bakal mendapat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

“Totalnya nanti ada 16 juta keluarga ditambah dengan 346 ribu lagi. Jadi nanti untuk penyandang masalah sosial dan kesejahteraan akan lebih tercover. Penyandang masalah itu kan bisa saja penyandang disabilitas, keluarga tidak sejahtera, anak terlantar, atau anak jalanan,” tutur Mensos Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Rabu (25/2/2015).

Kartu Indonesia Pintar (KIP) nantinya terbagi ke dalam dua jenis yakni yang sudah terafiliasi dengan KKS dan yang tidak. Untuk yang sudah maka besaran yang diterima siswa per dua semester yakni Rp 450.000 untuk siswa SD, Rp 750.000 untuk SMP, dan Rp 1.000.000 untuk SMA.

Sementara untuk kategori yang tak terafiliasi dengan KKS yakni ditujukan bagi anak jalanan dan anak terlantar. Sasarannya adalah mereka yang berusia 7 hingga 18 tahun.

“Kalau mereka yang tak terafiliasi KKS untuk pendidikan maka diharapkan dana itu akan memotivasi anak anak ke sekolah. Kalau belum termotivasi, diharapkan mereka kejar paket A, paket B, atau paket C,” ujar Khofifah.

Mekanisme pembagian dana tersebut akan diupayakan dengan sistem digital. Sementara untuk dana yang digelontorkan oleh pemerintah mencapai angka Rp 13 triliun untuk 16,3 juta penerima KKS.

“Kemudian untuk BPJS Rp 21 triliun itu dari Kemenkes. Kemudian KIP yang baru antara Kemendikbud dan Kemenag yang memberikan, karena ada 13 juta penerima dari kemenag dan 17 juta dari Kemendikbud,” sebut Khofifah. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline