logo seputarnusantara.com

Dewan Perwakilan Daerah RI Goes to Campus di Universitas Paramadina

Dewan Perwakilan Daerah RI Goes to Campus di Universitas Paramadina

1 - Jun - 2015 | 15:16 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Mengambil tema “Dari Daerah Untuk Indonesia, Dari Kampus Untuk Nusantara”, DPD RI menggelar kegiatan bertajuk DPD RI Goes to Campus di Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (28/05/2015).

Rencananya kegiatan tersebut akan berlangsung di beberapa Perguruan Tinggi ternama di kota-kota lainnya. Mengawali rangkaian kegiatan DPD RI Goes to Campus, Universitas Paramadina terpilh sebagai perguruan tinggi pertama yang disambangi DPD RI.

Menghadirkan Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dan Pakar Hukum Tata Negara Irman Putra Sidin, DPD RI Goes to Campus bertujuan mensosialisasikan peran dan fungsi DPD RI dalam tata kelola kelembagaan di Indonesia.

“Langkah DPD RI menyelenggarakan kegiatan Goes to Campus ini luar biasa untuk sosialisasi kelembagaan dan patut mendapatkan apresiasi,” puji Rektor Universitas Paramadina Firmanzah saat membuka acara DPD RI Goes to Campus.

Firmanzah melanjutkan kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif sebagai sarana menyerap aspirasi sekaligus memperkenalkan lembaga yang berdiri 11 tahun lalu. “Kami berharap kegiatan ini dapat menjangkau lebih banyak perguruan tinggi sehingga pemahaman terhadap peran, fungsi dan tugas DPD RI dapat dipahami oleh kalangan luas, terutama generasi muda,” harap rektor yang pernah menjabat Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi pada pemerintahan SBY.

Menyampaikan paparan mengenai DPD RI, Farouk menaruh harapan terkait keterlibatan mahasiswa dalam pembangunan Indonesia, khususnya di bidang perpolitikan. “Saya berharap di tahun-tahun mendatang ada calon senator, calon legislator, calon pemimpin berasal dari Universitas Paramadina,” ujarnya disambut tepuk tangan riuh para mahasiswa.

Farouk mengungkapkan peran, fungsi, dan tugas DPD RI dalam tata kelola kelembagaan di tanah air mengalami kendala dengan terbatasnya kewenangan yang diberikan. “Kendala tersebut perlu kita hadapi bersama dalam sistem keparlemenan kita. DPD RI memiliki fungsi legislasi, pengawasan dan anggaran, tetapi kami tidak mampu berperan sepenuhnya karena kewenangan terbatas.”

Senada dengan Farouk, Irman menegaskan kalangan mahasiswa dapat memberikan kontribusi besar dalam membangun bangsa. “Sudah tepat langkah DPD RI datang ke kampus-kampus untuk merangkul mahasiswa karena dalam sejarah membuktikan bahwa perjuangan bangsa dibangun oleh anak-anak muda,” ungkapnya.

Menanggapi munculnya sikap ragu dan tidak peduli terhadap dunia politik dan pemerintahan di tanah air, Irman meyakinkan agar para mahasiswa tidak terpengaruh. “Mahasiswa tidak boleh alergi terhadap politik dan pemerintahan. Meragukan boleh, tetapi jangan sampai anti terhadap politik karena yang mengatur negara adalah mereka yang berada di lingkup politik. Kebijakan bangsa ini ada di tangan orang-orang yang duduk di pemerintahan.” (dpd.go.id/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline