logo seputarnusantara.com

Kapal Angkut Sapi KM Camara Nusantara 1 Kosong, Berlayar Tanpa Muatan

Kapal Angkut Sapi KM Camara Nusantara 1 Kosong, Berlayar Tanpa Muatan

Kapal angkut sapi

22 - Jan - 2016 | 15:53 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Kapal angkutan ternak sapi, KM Camara Nusantara 1, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 11 Desember 2015.

Saat diresmikan dan tiba pertama kali di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, kapal tidak terisi penuh, hanya membawa 353 ekor sapi atau setara hampir 70% dari total kapasitas.

Kapasitas kapal ternak mampu membawa 500 ekor.

Namun, pada pelayaran kedua, kondisi berbalik. Kapal ternak pertama di Indonesia tidak membawa muatan sapi alias kosong.

“Pada pelayaran kedua kali ini, kami kembali ke Jakarta tidak membawa muatan,” Kata Kepala Humas PT Pelni, Ahmad Sujadi, Jumat (22/1/2016).

Kapal ternak ini berlayar membawa ternak dari sentra sapi di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) ke pusat konsumsi di Pulau Jawa seperti Surabaya, Cirebon dan Jakarta selama 2 kali dalam 1 bulan.

Meski kosong, kapal tetap berangkat sesuai jadwal. Kini, kapal bersandar di Cirebon dan tidak berlanjut ke Jakarta karena tak ada muatan. Kapal masih bersandar menunggu jadwal keberangkatan kembali ke NTT dan NTB.

“Ini pengiriman kedua. Meski kosong, kapal tetap jalan karena jadwal berangkat,” sebutnya.

Sujadi juga mengklarifikasi keterangan sebelumnya. Ia menyebut sebelumnya ada 100 ekor sapi yang diangkat pada pengiriman kedua namun 100 ekor sapi tersebut tidak jadi dibawa karena pihak peternak dan pembeli (Kementerian Pertanian) belum memperoleh kesepakatan harga.

“Memang sebelumnya disebut ada 100 tapi karena belum clear jadi nggak dibawa,” jelasnya.

Meski kosong, Pelni tetap berangkat karena telah memperoleh subsidi. Untuk sekali perjalanan pulang pergi, total biaya operasional 1 unit kapal ternak Rp 930 juta.

Kemenhub menanggung biaya 1 kali perjalanan (voyage) Rp 770 juta, sedangkan sisa biaya dibebankan kepada pemilik ternak. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline