logo seputarnusantara.com

Muhammad Iqbal : Implementasi Pancasila Dapat Tingkatkan Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat

Muhammad Iqbal : Implementasi Pancasila Dapat Tingkatkan Pelayanan Aparatur Pemerintah Kepada Masyarakat

Muhammad Iqbal, SE., M. Com., ditengah- tengah peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

27 - Apr - 2016 | 11:00 | kategori:Headline

Bukittinggi. Seputar Nusantara. Pada Tahun 2016 ini, kembali dimulai kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPR RI dari Fraksi PPP (Partai Persatuan Pembangunan) H. Muhammad Iqbal, SE., M. Com., kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bekerjasama dengan PAC (Pengurus Anak Cabang) PPP Kecamatan Mandiangin Koto Slayan, Kabupaten Bukittinggi.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar oleh Muhammad Iqbal diselenggarakan di Restoran sate Mak Palindih, Kabupaten Bukittinggi- Sumatera Barat.

Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah kader partai, simpatisan dan pengurus partai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 April 2016, dengan Nara Sumbernya adalah H. Muhammad Iqbal, SE., M. Com., Anggota MPR RI Fraksi PPP.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Iqbal menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Berdasarkan ketentuan Pasal 5 Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), MPR mempunyai tugas : memasyarakatkan ketetapan MPR; Memasyarakatkan Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika ; Mengkaji system ketatanegaraan, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 2015, serta pelaksanaannya ; dan Menyerap aspirasi masyarakat berkaitan dengan pelaksanaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Politisi PPP ini, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam sesi dialog, peserta Sosialisasi mempertanyakan bagaimana agar pelayanan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat lebih baik dan meningkat. Ada juga yang mempertanyakan tentang persoalan BPJS Kesehatan.

Iqbal dalam paparannya menjelaskan bahwa kegiatan ini, disamping untuk Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, juga dalam rangka konsolidasi organisasi partai politik pasca Muktamar VIII PPP di Asrama Haji, Pondok Gede untuk memenangkan PPP dalam Pemilu 2019.

” Persoalan BPJS Kesehatan memang menjadi menarik karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kami di Komisi IX DPR berkali- kali menegaskan kepada pemerintah khususnya jajaran BPJS Kesehatan agar meningkatkan dan memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Sebab, masyarakat sudah membayar iuran bulanan secara rutin. Oleh karena itu, BPJS Kesehatan harus mengoptimalkan pelayanannya kepada masyarakat,” terang Anggota Komisi IX DPR ini.

Jadi, lanjutnya, kalau seluruh jajaran BPJS Kesehatan memahami dan mengimplementasikan 4 Pilar Kebangsaan, dirinya yakin pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan semakin baik dan meningkat. Sebab, mereka bekerja sudah dibayar dengan uang rakyat, maka sudah sewajarnya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

” Butir- butir Pancasila kalau dijiwai lagi dan diimplementasikan, maka pelayanan oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat akan semakin baik dan meningkat,” tegas Iqbal kepada peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline