logo seputarnusantara.com

Sulaeman Hamzah Konsolidasi Partai dan Pemberdayaan Koperasi di Papua

Sulaeman Hamzah Konsolidasi Partai dan Pemberdayaan Koperasi di Papua

H. Sulaeman L. Hamzah, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI dari Dapil Papua

19 - Jul - 2016 | 06:00 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Dalam rangka kunjungan Sekali Setahun (SS) Anggota DPR RI, maka H. Sulaeman Hamzah, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI memanfaatkannya untuk kunjungan ke daerah pemilihannya, Papua.

Kunjungan Sekali Setahun Sulaeman Hamzah dilaksanakan pada tanggal 30 Juni, 1 dan 2 Juli 2016.

Dalam kunjungan SS tersebut, dirinya melakukan beberapa kegiatan terkait dengan tugasnya sebagai anggota DPR maupun sebagai politisi partai NasDem.

Diantara kegiatannya juga terkait dengan kebijakan pemerintah daerah Papua untuk membantu masyarakat pedalaman dengan menghadirkan Koperasi.

” Terkait dengan hal per-Koperasian, saya bertemu dengan Dewan Pengurus Koperasi Papua, ini terkait dengan aturan didaerah dan juga UU Per- Koperasian. Teman- teman dari Dewan Pengurus Koperasi Papua akan menyampaikan hasilnya kepada pemerintah, dalam rangka membantu masyarakat di pedalaman Papua,” ungkap H. Sulaeman Hamzah kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan, pada Senin 18 Juli 2016.

Sulaeman memaparkan bahwa SDM (sumber daya manusia) di Papua perlu mendapatkan dukungan untuk penerapan Koperasi di daerah pedalaman Papua, maka komitmennya bersama dengan Dewan Koperasi Papua bersepakat akan menghadirkan Dekopin (Dewan Koperasi Indonesia) Pusat untuk memberikan pelatihan secara teknis tentang Koperasi kepada pengurus koperasi daerah Papua, pengelola koperasi di Papua maupun masyarakat di pegunungan/ pedalaman.

” Kemudian dalam kunjungan SS tersebut, kami juga melakukan kegiatan kepartaian, yaitu mengumpulkan pengurus ditingkat kabupaten yang dilaksanakan di 2 titik. Satu kegiatan dilaksanakan di Jayapura- Papua, dengan menghadirkan pengurus partai kabupaten sekitar daerah pemilihan 1 yang meliputi : Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Keerom, Sarmi dan Memberamo. Tetapi karena lokasinya berjauhan dan transportasinya sangat sulit, maka hanya beberapa kabupaten yang hadir,” tegas Sulaeman, Politisi Partai NasDem ini.

Didalam kegiatan kepartaian tersebut, lanjutnya, yang dibahas adalah kesiapan masing- masing kabupaten dalam rangka menghadapi verifikasi faktual KPU dan Pilkada 2017. Sehingga konsentrasi pengurus di masing- masing kabupaten adalah menyempurnakan dan melengkapi persyaratan verifikasi faktual sesuai Peraturan KPU (PKPU).

” Yang dekat juga mengenai persiapan Pilkada 2017, 2018, dan Pemilu 2019. Tetapi, kami Partai NasDem sudah dari awal mempersiapkan itu semua. Sehingga kami siap menyongsong pesta- pesta demokrasi tersebut, baik tingkal lokal maupun tingkat nasional nantinya,” paparnya.

Kemudian, Sulaeman menjelaskan, kegiatan ditempat lain adalah mengumpulkan pengurus partai yang ada di daerah pemilihan 3 Papua. Dapil 3 Papua ini adalah Kabupaten Nabire, Paniai, Deiyei, Dogiyai, dan Intan Jaya. Ada lima kabupaten yang masuk dalam dapil 3 Papua.

” Dalam pertemuan itu, kita kemas dalam rapat kerja terbatas mengenai kesiapan partai menyongsong verifikasi faktual KPU, Pilkada, dan juga kita bahas mengenai Kartu Tanda Anggota Partai NasDem. Kami juga mendapatkan informasi terbaru dan aspirasi terkait dengan kepentingan umum masyarakat Papua,” imbuhnya.

Memang, lanjutnya, wilayah yang sangat luas dan medan yang sulit di Papua, membuat kita harus pandai- pandai membagi waktu untuk mendatangi berbagai wilayah disana. Supaya efektif waktunya, maka dikumpulkan satu daerah pemilihan yang meliputi beberapa kabupaten/ kota.

” Soal- soal umum lainnya yang dibahas selama kunjungan SS tersebut adalah hal- hal yang kami bahas di Komisi IV DPR RI. Ada hal- hal yang memang perlu disosialisasikan ke masyarakat Papua terkait dengan Komisi IV. Disamping itu, kami juga menerima aspirasi masyarakat Papua untuk diperjuangkan di Pusat,” tambah Sulaeman Hamzah.

Hal tersebut sudah lazim, setiap kunjungan ke daerah pemilihan, pasti banyak aspirasi yang masuk. Tentu itu semua ada prosesnya, tidak semua aspirasi rakyat dapat langsung dilaksanakan pada waktu itu juga, karena semua ada proses dan mekanismenya.

” Tidak pernah putus konsolidasi, setiap kami kunjungan ke daerah pasti kami lakukan konsolidasi. Kami berusaha berbicara dari hati ke hati dengan kader- kader di daerah, supaya mereka juga mengerti dan memahami apa yang kami perjuangkan dan apa yang terjadi sekarang ini,” tutur Politisi Partai NasDem Dapil Papua ini.

” Kami juga melaksanakan kegiatan pada tanggal 14 Juli 2016, dengan rapat koordinasi dengan Dinas- Dinas terkait di Papua, dengan para Bupati/ Walikota supaya terjalin sinergitas antara Wakil Rakyat dengan pejabat di daerah, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat,” pungkas Sulaeman Hamzah di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline