logo seputarnusantara.com

Hamdhani : Marak Bakar Lahan, DPR Ingatkan Dampak Kebakaran Tahun Lalu

Hamdhani : Marak Bakar Lahan, DPR Ingatkan Dampak Kebakaran Tahun Lalu

Hamdhani, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

20 - Jul - 2016 | 15:34 | kategori:Headline

Kalimantan Tengah. Seputar Nusantara. Aktivitas pembakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali terjadi.

Karenanya, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem asal daerah pemilihan Kalimantan Tengah Hamdhani mengingatkan masyarakat akan ancaman bencana kabut asap sebagai konsekwensi dari aktivitas tersebut.

” Jangan lupa pada kejadian di 2015 lalu. Seluruh masyarakat Kalteng mengalami berbagai masalah, mulai dari kesehatan, sulitnya transportasi, sampai persoalan ekonomi akibat kabut asap yang melanda berbulan-bulan,” ujarnya melalui pesan singkat, Minggu (17/7/2016).

Pencegahan dini kabut asap dengan meminimalkan aktivitas pembakaran lahan dan hutan disebutnya menjadi perhatian serius pemerintah, pusat maupun daerah.

Oleh sebab itu, lanjut dia, masyarakat dan pihak swasta juga harus berpartisipasi dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

” Tahun lalu kita menghabiskan dana miliaran rupiah untuk memadamkan kebakaran lahan agar kabut asap berhenti. Tahun ini semestinya sudah bukan untuk memadamkan lagi, tapi hanya untuk pengendalian dan pencegahan. Dengan demikian, dana APBN kita tidak terkuras percuma,” papar politikus Partai NasDem ini.

Dia juga mengingatkan seluruh perusahaan swasta yang beroperasi di Kalteng untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. ” Ancaman hukumnya serius. Jadi harus lebih hati- hati,” tukasnya.

Pernyataan Hamdhani tersebut diamini Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pangkalan Bun, Agung Widodo.

” Sesuai instruksi Presiden Jokowi pada 18 Januari 2016 lalu, pembakaran hutan dan lahan dengan tegas dilarang. Ancaman pidananya jelas, terutama bagi perusahaan,” ucapnya.

Agung menambahkan pihak BKSDA Kalteng aktif menerima laporan kasus pembakaran lahan dan hutan dari masyarakat.

Selain itu, dia juga tidak membantah pembakaran hutan dan lahan masih terjadi di wilayahnya. Pada 13 Juli lalu tim dari posko terpadu memadamkan karlahut di Desa Sungai Tendang arah pelabuhan Roro Kecamatan Kumai, dengan luas lahan terbakar mencapai 9 hektare.

Perlu diketahui berdasarkan monitoring Satelit NOAA 18 per 15 Juli 2016, jumlah titik panas di Kalteng berjumlah 252 plus 16 lagi yang ditangkap NOAA 19.

Total seluruh Indonesia terdapat 3.538 titik panas berdasarkan tangkapan satelit NOAA 18 dan 1.088 titik hasil tangkapan NOAA 19. Sedangkan sepanjang tahun 2015 lalu, total titik panas di Kalteng berjumlah 4.292. ?(Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline