logo seputarnusantara.com

2 Anggota DPR Terbang ke Pakistan Ikuti Sidang Asian Parliamentary Assembly

2 Anggota DPR Terbang ke Pakistan Ikuti Sidang Asian Parliamentary Assembly

Hamdhani, Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem

26 - Jul - 2016 | 14:34 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Asian Parliamentary Assembly (APA) Standing Committee Meeting on Economic and Sustainable Development Affairs tengah berlangsung di Hotel Serena, Islamabad, Pakistan.

Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Hamdhani dan Anggota Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy hadir mewakili DPR RI.

“ Pengiriman delegasi DPR RI itu, sesuai keputusan Rapat Pimpinan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP), 9 Juni 2016,” kata Hamdhani, saat dihubungi sebelum bertolak ke Pakistan, Selasa (26/7/2016).

Menurutnya, DPR RI selalu aktif terlibat dalam pertemuan antar parlemen Asia tersebut. Saat ini keanggotaan APA ada 42 parlemen, 17 parlemen observer, dan parlemen regional.

Selain Indonesia, keanggotaan APA diperkuat oleh Negara-negara di ASEAN, Afganistan, Bahrain, Pakistan, Tiongkok, Korea, Palestina, Saudi Arabia, Syria, Turki, Iran dan lainnya.

Adapun parlemen observer, ada Australia, Fiji, Jepang, Qatar, Timor Leste, New Zealand, Oman, New Guinea dan beberapa negara lain.

Hamdhani menjelaskan, berdasarkan keputusan sidang pleno kedua di Teheran, Iran, November 2007 lalu, APA tengah menyoroti lima isu besar, yang di bagi dalam Komite Tetap. Lima isu tersebut antara lain, isu politik, perdamain dan keamanan, sosial dan kebudayaan, ekonomi dan pembangunan berkelanjutan, serta masalah energi.

” Delegasi Indonesia akan konsisten memperjuangkan bidang-bidang tersebut, untuk penguatan negara, dan kesejahteraan rakyat,” ujar Hamdhani.

Pada 26- 39 November 2008, DPR RI menjadi tuan rumah sidang pleno APA ke-3, di Jakarta. Pertemuan tersebut mengukuhkan Ketua DPR RI sebagai President APA 2008- 2010. Pertemuan ini juga membahas tema Asia and the Need for a New Global Financial Architecture, berdasarkan pemikiran tentang krisis keuangan dunia, yang berdampak signifikan bagi perekonomian dunia.

Ketika itu, Asia salah satu kawasan yang terkena dampak krisis tersebut, sehingga harus segera melakukan tindakan bersama untuk mencari solusi, bekerja sama dengan pemerintah negara-negara anggota APA. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline