logo seputarnusantara.com

Ali Mahir : TKI Sebaiknya Latihan BLK Dulu, Biar Kerja Sektor Formal di LN

Ali Mahir : TKI Sebaiknya Latihan BLK Dulu, Biar Kerja Sektor Formal di LN

Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat)

17 - Okt - 2017 | 19:07 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mendapatkan order tenaga kerja perawat dan hospitality dari buyers Australia dan Taiwan.

Order tersebut didapat pada acara Trade Expo Indonesia yang ke-32 tahun 2017.

Dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2017), Kepala BNP2TKI Nusron Wahid mengatakan itu saat membuka acara Workshop Peluang dan Tantangan Ketersediaan Lapangan Pekerjaan Bagi Tenaga Kerja di Australia yang diselenggarakan BNP2TKI dengan para Buyers di hari pertama Trade Expo Indonesia (TEI) ke-32 di ICE, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Banten, Rabu, (11/10/2017).

Lebih lanjut, Nusron menyampaikan daya saing Tenaga Kerja Indonesia tergolong terbaik ke- 3 di dunia. Salah satu instrumen yang menonjol dari daya saing TKI tersebut yakni TKI yang paling dicari oleh negara- negara pengguna yang membutuhkan tenaga kerja asing.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Australia, Y Kristiarto S Legowo, menyampaikan bahwa Australia sesungguhnya menyediakan banyak lowongan pekerjaan dan membutuhkan banyak Tenaga Kerja Indonesia. Bidang pekerjaan yang terbuka antara lain konstruksi, teknisi listrik, tukang las, tenaga kesehatan (perawat dan dokter), hospitality, dan chef.

Menurut Ir. H. Ali Mahir, MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai NasDem, bahwa TKI kita dikenal jujur, ulet dan penurut. Sehingga wajar jika negara seperti Australia meng- order TKI.

” TKI asal Indonesia dikenal jujur, ulet dan nerimo. Bukan berarti nerimo itu mau diapakan saja secara sewenang- wenang, tetapi nerimo dalam hal tidak rakus dan menerima apa adanya pekerjaan itu. Dan yang perlu dicatat, TKI kita dikenal sangat komitmen,” ungkap Ali Mahir kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Selasa 17 Oktober 2017.

Lebih lanjut Ali Mahir memaparkan, sangat bagus kalau sudah ada MoU antara pemerintah Indonesia dan Australia mengenai pengiriman TKI.

” Sebab, untuk pengiriman TKI ke Timur Tengah kan sedang dihentikan sementara (moratorium). Sehingga pengiriman TKI ke Australia bisa jadi alternatif pilihan bagi para tenaga kerja Indonesia yang menginginkan bekerja di Luar Negeri,” ucap Politisi Partai NasDem ini.

Dengan adanya BLK (Balai Latihan Kerja), jelasnya, TKI kita dapat bekerja di sektor- sektor formal, seperti jadi perawat di Rumah Sakit, sebagai Tekhnisi, dan bekerja di perusahaan atau perkantoran- perkantoran.

” Agar TKI kita dapat bekerja di sektor- sektor formal di luar negeri, maka pelatihan di BLK sangat penting. Para TKI sebelum berangkat ke luar negeri, akan dibekali dengan berbagai ketrampilan di BLK. Sehingga mereka dapat bekerja di sektor formal disana,” tegas Ali Mahir.

” Saya juga menekankan, agar dibuka lapangan kerja di dalam negeri, sehingga rakyat kita tidak berbondong- bondong bekerja di luar negeri. Target pembukaan lapangan kerja 10 juta orang, ini merupakan program Presiden Jokowi. Inshaa Allah lambat laun target tersebut dapat terpenuhi,” pungkas Ali Mahir di penghujung wawancara. (Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline