logo seputarnusantara.com

Profil Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pajak Yang Baru Dilantik Presiden

Profil Robert Pakpahan, Direktur Jenderal Pajak Yang Baru Dilantik Presiden

DR. Robert Pakpahan, Dirjen Pajak

30 - Nov - 2017 | 20:42 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Robert Pakpahan telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak), pengganti Ken Dwijugiasteadi yang sudah memasuki masa pensiun.

Sore ini, Kamis (30/11/2017), Robert langsung dilantik oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Djuanda, kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Berdasarkan informasi yang diterima dari situs resmi Kemenkeu, Robert bukanlah orang baru di dunia perpajakan. Sebelum berkecimpung dalam urusan utang, Robert dulu bagian dari Ditjen Pajak.

Robert lahir di Tanjung Balai pada tanggal 20 Oktober 1959. Dia merupakan lulusan Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara pada tahun 1981.

Kemudian melanjutkan pendidikan Diploma IV di kampus yang sama pada tahun 1985 hingga 1987 dan meraih Gelar Doctor of Philosophy in Economics dari University of North Carolina at Chapel Hill, USA pada 1998.

Robert sempat menjadi Tenaga Pengkaji Bidang Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak pada tahun 2003 hingga tahun 2005. Kemudian menjabat sebagai Direktur Potensi dan Sistem Perpajakan hingga tahun 2006 dan Direktur Transformasi Proses Bisnis.

Pada 2011, karirnya berlanjut sebagai Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara. Di 27 November 2013 dilantik menjadi Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan yang kemudian berganti nama jadi Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.