logo seputarnusantara.com

Fadholi : Pemerintah Harus Persiapkan Arus Mudik Lebaran Dengan Baik

Fadholi : Pemerintah Harus Persiapkan Arus Mudik Lebaran Dengan Baik

Drs. H. Fadholi, Anggota Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat) DPR RI

24 - Mei - 2018 | 19:53 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Lebaran tinggal beberapa minggu lagi.

Sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh Pemerintah agar arus mudik serta balik Lebaran Idul Fitri tahun 2018 ini bisa lancar.

Pertama, dari sisi sarana jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan di Jawa akan ada tambahan ruas tol baru yang siap melayani pemudik, yakni Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer dan Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer.
Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Empat Program Pemerintah untuk Persiapan Mudik Lebaran 2018, http://wartakota.tribunnews.com/2018/04/16/empat-program-pemerintah-untuk-persiapan-mudik-lebaran-2018.
Editor: Aloysius Sunu D

Dari sisi sarana jalan tol, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memastikan di Jawa akan ada tambahan ruas tol baru yang siap melayani pemudik, yakni Pejagan-Pemalang sepanjang 57,5 kilometer dan Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer.

Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, mengatakan, untuk menunjang arus mudik dan balik Lebaran, BPJT juga akan memfungsikan tol Pemalang-Batang sepanjang 32,9 kilometer, Batang-Semarang sepanjang 75 kilometer, serta Semarang-Solo sepanjang 72,64 kilometer.

Demi kenyamanan perjalanan di jalan tol, khususnya ruas Batang-Semarang, kata Herry, BPJT juga akan memperbanyak jumlah tempat peristirahatan (rest area).

Menurut Drs. H. Fadholi, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI, bahwa sebaiknya Pemerintah, baik itu pemerintah pusat maupun daerah, mempersiapkan dengan sebaik- baiknya sarana dan prasarana buat memperlancar arus mudik dan balik Idul Fitri 2018.

” Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah harus memberikan fasilitas yang terbaik guna memperlancar arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun 2018 ini. Karena memang menjadi tugas dan tanggungjawab Pemerintah untuk kelancarannya,” ungkap Fadholi kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1- Senayan, pada Kamis 24 Mei 2018.

Fadholi memaparkan, Pemerintah harus mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya demi kelancaran arus mudik Lebaran. Jangan sampai masyarakat yang sedang dalam perjalanan mengalami kesulitan di lapangan.

” Terutama masalah BBM (Bahan Bakar Minyak), pemerintah harus betul- betul memastikan bahwa stok BBM mencukupi selama arus mudik maupun arus balik Lebaran Idul Fitri tahun 2018 ini,” tegas Fadholi.

Sebab, lanjutnya, semua kendaraan bermotor bisa bergerak dengan menggunakan BBM. Maka Pemerintah harus betul- betul memperhatikan pasokan BBM ini mencukupi.

Jangan sampai, masyarakat yang sedang dalam perjalanan mudik tidak bisa mengisi BBM gara- gara pasokan habis di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, red.).

Kemudian, terangnya, yang perlu mendapatkan perhatian juga adalah posko- posko sepanjang perjalanan arus mudik, baik itu posko keamanan maupun posko kesehatan. Ini sangat penting, mengingat perjalanannya cukup jauh dan melelahkan.

” Mudik Lebaran Idul Fitri merupakan tradisi tahunan khususnya bagi Ummat Islam. Karena mereka sangat rindu dengan keluarganya dan kampung kelahirannya. Maka, jangan sampai tujuan mudik baik, namun justru mendapatkan kendala- kendala di perjalanan,” ucapnya.

” Juga persoalan tiket mudik, baik itu bus, kereta api, kapal laut maupun pesawat terbang, harus diperhatikan ketersediaannya, supaya masyarakat yang menggunakan moda transportasi umum tersebut, juga bisa mudik ke kampung halamannya dengan lancar,” pungkas Fadholi di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline