logo seputarnusantara.com

Imam Suroso : Pengamanan VIP Terhadap Anggota DPR Perlu Diberikan

Imam Suroso : Pengamanan VIP Terhadap Anggota DPR Perlu Diberikan

H. Imam Suroso, S. Sos., SH., MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan

16 - Oct - 2018 | 19:43 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Kasus penembakan terhadap Gedung DPR RI- Senayan Jakarta terjadi pada Senin 15 Oktober 2018.

Penembakan ke Gedung DPR RI terjadi sekitar pukul 14.20 – 14.30 WIB.

Ada 2 ruangan Anggota DPR RI yang terkena tembakan. Pertama lantai 16 diruangan 1601, ruang kerja Wenni Warouw Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra.

Dan tembakan kedua mengenai lantai 13 ruangan 1313, ruang kerja Bambang Heri Purnama, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.

Tembakan tersebut juga hampir mengenai kepala tamu dari Wenni Warouw dan juga mengenai jilbab staf Bambang Heri Purnama hingga berlubang.

Menurut H. Imam Suroso, S. Sos., SH., MM., Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, bahwa kegiatan latihan menembak di lapangan tembak- Senayan harus lebih diperketat lagi.

” Kemudian, orang- orang yang latihan menembak di lapangan tembak- Senayan harus lebih diperketat dan diseleksi lagi. Disamping seleksi yang ketat, juga harus ada instruktur atau pelatihnya, sehingga tidak sembarangan dalam latihan menembak,” ungkap Imam Suroso kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara 1 DPR RI- Senayan, pada Selasa 16 Oktober 2018.

Imam Suroso memaparkan, lapangan tembak- Senayan perlu diperbaiki lagi demi keamanan. Karena sudah terjadi salah tembak hingga ke Gedung DPR RI, maka perlu dibuat pengaman yang lebih ketat dan kuat.

” Lapangan Tembak- Senayan perlu dibuat dinding yang tinggi dan kokoh. Jadi faktor keamanan ini perlu diutamakan. Dinding yang tinggi dan kokoh ini perlu dibangun, sehingga tidak membahayakan orang lain,” terang Imam Suroso, Politisi PDI Perjuangan ini.

Jadi, lanjutnya, misalkan mereka yang latihan menembak disitu mau melakukan tembakan reaksi sambil lari, jongkok, dan atau tiarap, tidak masalah. Karena jika meleset, paling mungkin hanya mengenai dinding tersebut.

” Kalau memang teman- teman Anggota DPR menginginkan kaca gedung DPR dilapisi bahan anti peluru, ya tidak apa- apa. Sehingga kalau ada lagi peluru nyasar atau sengaja menembak gedung DPR, kami jadi aman. Karena kami Anggota DPR RI ini kan sejajar dengan Presiden, maka pengamanan VIP perlu dilakukan,” tegasnya.

Kemudian, tambahnya, kalau untuk mengantisipasi peluru nyasar baik dari lapangan tembak maupun tempat lain, bolehlah gedung ini dilapisi bahan anti peluru. Karena ini menyangkut keselamatan orang banyak.

” Sudah menjadi tugas aparat keamanan, baik TNI maupun Polri untuk mengamankan pejabat- pejabat VIP seperti Anggota DPR RI ini. Sesuai UU kan DPR setaraf dengan Presiden. DPR ini kan wakil rakyat yang kedudukannya sejajar dengan Presiden, maka pengamanan terhadap Anggota DPR perlu ditingkatkan,” pungkas Imam Suroso di penghujung wawancara. (Aziz).

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.