logo seputarnusantara.com

Herlina Murib Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Guna Perkuat Persatuan dan Kesatuan Khususnya di Papua

25 - Nov - 2019 | 12:17 | kategori:Headline
Herlina Murib (berdiri kanan), Anggota DPD/ MPR RI dari Provinsi Papua, saat menjadi Nara Sumber Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Papua. Seputar Nusantara. Pada tanggal 23 November 2019, telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPD/ MPR RI dari Papua, Herlina Murib., melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di Doyo Baru, Sentani- Kabupaten Jayapura- Papua.

Peserta kegiatan Sosialisasi 4 Pilar tersebut adalah : masyarakat wilayah Doyo Baru, Sentani- Kabupaten Jayapura- Provinsi Papua.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar tersebut Nara Sumbernya adalah Herlina Murib, Anggota DPD/ MPR RI dari Provinsi Papua.

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Herlina Murib menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Menurut Anggota DPD dari Provinsi Papua ini, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya ; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Tema yang diangkat dalam Sosialisasi 4 Pilar yang dilaksanakan oleh Herlina Murib, adalah ” Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Papua.”

Menurut Herlina Murib, sekarang ini permasalahan bangsa Indonesia begitu kompleks. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa harus bersatu padu untuk menyelesaikan seluruh persoalan bangsa ini.

” Kita harus bersatu padu dan meningkatkan persatuan dan kesatuan, khususnya di Papua . Kita harus memperkuat persatuan di Papua untuk memperkuat NKRI,” tegas Herlina Murib.

Kalau persatuan di Papua kuat, lanjut Herlina Murib, maka seluruh komponen bangsa Indonesia juga akan bersatu untuk NKRI. Sebab, persatuan dan kesatuan merupakan pondasi untuk wujudkan NKRI yang kokoh.

” Jadi, kuncinya adalah persatuan dan kesatuan. Kalau persatuan dan kesatuan kita kuat, maka NKRI juga akan kuat. Kalau NKRI kuat, maka bangsa Indonesia akan cepat maju. Kemajuan bangsa Indonesia harus didukung oleh seluruh komponen bangsa,” terang Herlina Murib, Anggota DPD/ MPR RI dari Provinsi Papua ini.

Persatuan dan kesatuan Bangsa khususnya di Papua, tambahnya, merupakan bingkai yang harus selalu dijaga supaya tetap utuh. Karena, dengan persatuan dan kesatuan ini, bangsa Indonesia yang terdiri dari puluhan ribu pulau, berbagai suku bangsa, bahasa, dan budaya, dapat disatukan dengan bingkai NKRI.

Kemudian, lanjutnya, selesaikan juga persoalan besar yang sedang dihadapi oleh para mahasiswa, yaitu Rasisme serta pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

” Maka, persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu kita rajut dan kita rawat. Dengan persatuan yang kuat, bangsa kita yang majemuk dapat bersatu padu dalam membangun Bangsa,” pungkasnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline