logo seputarnusantara.com

DR. (HC) Drs. H. Taufiq Effendi, M.BA. : Percayakan Kepada Pemerintah dan DPR

DR. (HC) Drs. H. Taufiq Effendi, M.BA. : Percayakan Kepada Pemerintah dan DPR

DR. (HC). Drs. Taufiq Effendi, M.BA, Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat

18 - Des - 2010 | 09:26 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Rancangan Undang Undang (RUU) tentang Keistimewaan Yogyakarta sudah selesai harmonisasi di tataran pemerintah.

” Draft RUU Keistimewaan Yogyakarta sudah diserahkan oleh Pemerintah ke Pimpinan DPR RI pada Kamis, 16 desember 2010,” kata DR. (HC) Drs. Taufiq Effendi, M.BA, Wakil Ketua Komisi II DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat.

Menurut Taufiq Effendi, dalam RUU Keistimewaan Yogyakarta itu isinya banyak mengatur hal-hal yang terkait dengan Yogyakarta sebagai Daerah Istimewa.

Beberapa keistimewaan Yogyakarta yang diatur dalam RUU tersebut, menurut dia, antara lain mengatur soal jabatan Sultan Hamengku Buwono dan Paku Alam.

Dalam RUU Keistimewaan Yogyakarta, kata dia, pemerintah mengusulkan suksesi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui mekanisme pemilihan, bukan penetapan.

Dalam mekanisme pemilihan gubernur itu, katanya, setiap orang yang akan mencalonkan diri sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur harus mendapat persetujuan dari Sultan Hamengku Buwono dan Paku Alam.

Meskipun nantinya terpilih orang lain sebagai Gubernur di DIY, menurut dia, tapi Gubernur terpilih tetap harus meminta persetujuan dari Sultan dan Paku Alam untuk memutuskan suatu kebijakan.

” Tentang penetapan atau pemilihan, Pimpinan Dewan sudah memutuskan bahwa hal ini diserahkan kepada Pemerintah dan DPR untuk membahasnya. Kita tidak ingin debat berkepanjangan di ranah publik. Sebagai wakil rakyat, Dewan pasti akan membahas dengan penuh kehati- hatian. Dengan selalu mendengarkan aspirasi masyarakat, dan mempertimbangkan semua aspek untuk kepentingan nasional dalam kerangka NKRI. Juga menghargai keistimewaan yang dimiliki oleh Jogjakarta dengan mempertimbangkan sejarah dan budayanya,” ungkap Taufiq Effendi.

Menurutnya, ini sesuatu yang belum pasti tapi sudah diributkan. Masyarakat Jogjakarta menghendaki penetapan, tetapi penetapannya seperti apa. Masing- masing belum melihat gambarnya tetapi sudah emosional.

” Pemilihan bagus, penetapan bagus. Dan pemerintah serta DPR sudah mendengarkan dan menampung aspirasi Keraton Jogjakarta dan Pakualaman,” imbuhnya.

” Saya sangat mencintai Jogjakarta dan saya dibesarkan di Jogja. Saya juga sekolah di Jogja dan saya sangat menghormati Sultan,” ucap Politisi Partai Demokrat yang juga mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara ini.

Taufiq Effendi berpesan agar pertama, kita harus melihat secara jernih permasalahan ini dan jangan emosional. Kedua, serahkan dan percayakan masalah ini kepada Pemerintah dan DPR RI. Ketiga, kita pasti akan mengambil keputusan sesuai dengan kehendak masyarakat. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline