logo seputarnusantara.com

Ir. Soepriyatno : Pemerintah Harus Tingkatkan Alat & Fasilitas Kesehatan

Ir. Soepriyatno : Pemerintah Harus Tingkatkan Alat & Fasilitas Kesehatan

Ir. Soepriyatno, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra

21 - Jan - 2011 | 14:54 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Upaya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menggratiskan setiap pasien di Kelas III Rumah Sakit Pemerintah, disampaikan oleh Menteri Kesehatan RI pada Raker dengan Komisi IX DPR RI, Selasa 18 Januari 2011.

Menurut Ir. Soepriyatno, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra ( Gerakan Indonesia Raya ), bahwa dari penelitian beberapa lembaga menyatakan bahwa masyarakat Indonesia itu cenderung pemalas, penurut dan pemaaf. Kalau semua digratiskan, termasuk biaya persalinan maka akan terjadi ledakan jumlah penduduk.

” Jaminan kesehatan untuk masyarakat itu bagus, tetapi harus ada sosialisasi yang baik dan pendidikan kemandirian bagi masyarakat,” ungkap Ir. Soepriyatno kepada seputarnusantara.com

Menurutnya harus ada kriteria yang jelas mengenai penduduk miskin. Disamping itu kita harus mendidik masyarakat untuk mandiri. Dan kita beri kail jangan ikan terus. Supaya masyarakat dapat meningkatkan kualitas hidup baik dari segi pendapatan financial maupun bidang lainnya.

” Harus ada program- program untuk pemberdayaaan masyarakat sehingga mereka mandiri dan akan mampu dalam membayar pelayanan kesehatan ketika mereka sakit,” imbuhnya.

Menurut Politisi Partai Gerindra ini, bahwa sebaik- baik manusia itu tangannya ada diatas ( memberi ) bukan dibawah ( menerima ).

Soepriyatno menjelaskan bahwa peningkatan derajat dan harkat martabat manusia Indonesia lebih penting daripada menggratiskan biaya di Rumah Sakit, agar masyarakat Indonesia lebih berkualitas.

Soepriyatno berpendapat bahwa seharusnya pemerintah memberikan perhatian kesehatan masyarakat dengan pertama, ketersediaan dokter di seluruh pelosok negeri, kedua, Puskesmas harus memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik dan ketiga, alat- alat dan fasilitas- fasilitas kesehatan harus ditingkatkan.

” Kita harus berpikir bagaimana agar keluarga Indonesia berkualitas dan mandiri. Jangan sampai dengan memanjakan masyarakat, maka akan terjadi ledakan penduduk, kemudian terjadi masalah- masalah sosial dan berbagai dampak negatif dari ledakan penduduk itu,” tegasnya.

Menurutnya, bangsa Indonesia harus mengajari rakyat agar lebih meningkatkan kinerja, kualitas hidup dan memberdayakan ekonomi kerakyatan.

” Bukannya saya tidak setuju untuk menggratiskan pasien miskin di Kelas III Rumah Sakit Pemerintah, tetapi ini harus dievaluasi lagi. Karena nanti akan menjadi beban negara yang sangat berat jika tidak dipersiapkan dan dikelola dengan matang serta baik. ( Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline