logo seputarnusantara.com

Merapi Semburkan Awan Panas Lagi

31 - Oct - 2010 | 11:42 | kategori:Fenomena Alam

merapiJakarta. Seputar Nusantara. Pada hari ini, Gunung Merapi masih menyemburkan awan panas. Tercatat ada 5 kali semburan awan panas. Semburan itu mengarah ke Kali Gendol. “Ada awan panas 5 kali pada hari ini. Sekarang baru dianalisa. Arahnya ke Kali Gendol,” ujar seorang petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) saat dihubungi, Minggu (31/10/2010) pukul 16.00 WIB. Dia pun mengingatkan warga agar tetap waspada mengingat status Gunung Merapi belum diturunkan.

Pada hari ini pukul 14.45 WIB, warga di Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta, yang berjarak sekitar 10 km dari Merapi mendengar suara letusan dari puncak gunung. Suaranya memang tidak terlalu keras.

Meski tidak terlalu jelas, namun warga masih bisa melihat kepulan asap dari puncak Merapi yang berwarna keabu-abuan. “Bunyinya memang tidak terlalu keras, hanya dug! Gitu Mas. Bunyinya samar-samar,” ujar seorang warga Umbulharjo.

Beberapa warga memperingatkan pengendara sepeda motor maupun mobil yang melintas di pertigaan Jalan Kaliurang dan Umbulharjo yang ingin naik ke Umbulharjo. “Jangan naik, Mas. Ada awan panas, wedhus gembele mudhun (wedhus gembelnya turun),” kata beberapa pemuda itu.

Meski demikian warga Umbulharjo tidak panik. Sebab alarm yang ada di gunung tidak berbunyi yang menandakan tidak ada pergerakan awan panas ke arah pemukiman warga. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Fenomena Alam | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.