logo seputarnusantara.com

BULOG Bangka Optimis Operasi Pasar Mampu Turunkan Harga Beras

21 - Aug - 2010 | 09:12 | kategori:BUMN

BulogBangka Belitung. Seputar Nusantara. Perum BULOG Subdivre Wilayah Bangka, Provinsi Bangka Belitung (Babel), optimistis operasi pasar (OP) mampu menurunkan harga beras jenis premium yang telah naik 13,33 persen selama bulan Ramadhan. Kepala BULOG Subdivre wilayah Bangka, Fansuri Perbatasari di Pangkalpinang, Kamis mengatakan, optimistis, harga beras jenis premium akan mengalami penurunan seiring warga meminati beras Bulog pada operasi pasar di Pasar Pagi dan Pasar Pembangunan Pangkalpinang.

“Kita optimis, harga beras jenis premium yang masih bertahan Rp7.500 per kilogram akan kembali turun ke harga normal Rp6.500 per kilogram,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada hari kedua operasi pasar (Kamis, 19/8) beras BULOG di Pasar Pagi dan Pasar Pembangunan Pangkalpinang sudah laku terjual sebanyak tiga ton dengan harga Rp5.500 per kilogram.

Pada operasi pasar di Pasar Pembangunan Pangkalpinang beras jenis medium milik BULOG laku terjual sebanyak 750 kilogram dan operasi pasar di Pasar Pagi beras laku terjual 1,5 ton.

Sementara, operasi pada hari pertama (Rabu (18/8) di dua titik tersebut beras BULOG laku terjual sebanyak 1,6 ton.

“Selama operasi pasar, beras yang sudah terjual sebanyak 4,6 ton dan operasi akan terus dilakukan hingga harga beras kembali normal,” ujarnya.

Ia mengatakan, operasi pasar beras murah ini mampu menekan harga beras jenis premium ke tingkat harga normal Rp6.500 per kilogram selama puasa Ramadhan dan Idul Fitri.

“Operasi pasar ini akan berdampak langsung terhadap permintaan beras jenis premium seiring menurunnya permintaan beras premium akan menurunkan harga beras tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, beras BULOG diminati karena kwalitas beras jenis medium yang ditawarkan BULOG tidak jauh beda dengan beras jenis premium yang dijual pedagang, perbedaan antara beras premium dengan beras medium hanya tingkat kepatahan butir beras, tingkat kepatahan butir beras medium lebih banyak jika dibandingkan beras jenis premium.

“Sampai saat ini, belum ada keluhan dari warga yang membeli beras jenis medium yang ditawarkan BULOG karena kwalitas dan kesehatan beras medium sudah dilakukan dengan teknologi untuk mencegah hama beras dan tidak menurunkan kwalitas beras tersebut,” ujarnya. ( bulog.co.id / Aziz )

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: BUMN | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.