logo seputarnusantara.com

Ketua DPR Bambang Soesatyo Pamer Kinerja DPR di Paripurna HUT ke-74

29 - Aug - 2019 | 15:05 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan pidato dalam rapat paripurna peringatan HUT ke-74 DPR RI.

Bamsoet pun memamerkan capaian kinerja DPR dalam masa sidang 2018- 2019.

Rapat paripurna digelar di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (29/8/2019).

Bamsoet awalnya menyebutkan capaian kinerja DPR dalam fungsi legislasi.

“Dalam pelaksanaan fungsi legislasi, selama tahun sidang 2018-2019, DPR telah membahas dan menyetujui bersama Presiden sebanyak 15 rancangan undang-undang untuk disahkan menjadi undang-undang,” kata Bamsoet.

“Dengan demikian, secara keseluruhan jumlah RUU yang telah selesai dibahas dari awal periode keanggotaan DPR RI 2014-2019 sampai dengan Agustus 2019 berjumlah 77 RUU,” imbuhnya.

Dalam fungsi anggaran, Bamsoet mengatakan DPR juga telah membahas Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) di tahun sidang 2018-2019. Dalam membahas RAPBN, Bamsoet menyebut DPR tetap memperhatikan pertimbangan-pertimbangan yang disampaikan Badan Anggaran.

“Dalam kaitan itu, DPR telah menyelesaikan pembahasan dan menyetujui RUU APBN Tahun Anggaran 2019, RUU Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2018, serta Pembicaraan Pendahuluan RAPBN Tahun 2020 dan RKP Tahun 2020,” jelasnya.

Bamsoet menyatakan DPR juga telah melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kinerja pemerintah. DPR disebutnya juga telah menindaklanjuti aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada DPR.

“Hal ini merupakan bagian dari prinsip checks and balances dalam sistem kekuasaan dan ketatanegaraan. Pelaksanaan fungsi pengawasan dalam tahun sidang 2018-2019 antara lain menyangkut persoalan-persoalan yang belum dapat diselesaikan pemerintah sampai saat ini, baik melalui rapat maupun kunjungan kerja,” tuturnya.

Bamsoet menyebutkan DPR turut terlibat dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap calon pejabat publik di berbagai instansi. Selanjutnya, DPR juga menyusun buku Laporan Kinerja DPR tahun sidang 2018-2019 sebagai bagian laporan kinerja DPR.

Selanjutnya, Bamsoet menguraikan kinerja fungsi legislasi DPR dalam tahun terakhir periode 2014-2019, yaitu :


1. RUU yang sedang dalam tahap penyusunan berjumlah 12 RUU yang terdiri atas tujuh RUU dalam proses penyusunan pada AKD DPR, dua RUU dalam proses harmonisasi di Badan Legislasi (Baleg) dan tiga RUU akan memasuki Tahap Pembicaraan Tingkat


2. RUU yang sedang dalam Tahap Pembicaraan Tingkat I berjumlah 36 RUU


3. RUU yang sudah selesai dibahas dan disetujui menjadi UU berjumlah RUU

Bamsoet lalu menutup pidatonya dengan pantun. Kali ini, Bamsoet menyemangati anggota Dewan untuk lebih meningkatkan kinerja :

Naik kapal pergi ke Mentawai
Tempat terindah untuk berselancar
Banyak prestasi telah kita capai
Lebih banyak lagi yang perlu kita kejar

Anggota DPR rajin kunker ke desa
Laksana tugas dengan sukarela
Kita bekerja untuk kejayaan bangsa
NKRI yang kokoh berdasar Pancasila. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline