logo seputarnusantara.com

Presiden Joko Widodo Resmikan Palapa Ring Dengan Prasasti Digital

14 - Okt - 2019 | 11:28 | kategori:Headline
Presiden Jokowi Resmikan Palapa Ring

Jakarta. Seputar Nusantara. Palapa Ring akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penandatanganan prasasti digital menjadi penanda rampung dan siap beroperasinya tulang punggung internet cepat yang menghubungkan seluruh kota dan kabupaten seluruh Indonesia.

“Dengan mengucapkan Bismillah, saya resmikan Palapa Ring yang menghubungkan 514 kota dan Kabupaten seluruh Indonesia,” kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Senin (14/10/2019).

Presiden turut menyampaikan hadirnya Palapa Ring untuk mengatasi ketimpangan digital. Sehingga diharapkan dapat memajukan perekonomian, sosial dan budaya.

“Inilah yang akan menyatukan kita, dari Sabang sampai Merauke, Miangas ke Rote. Bisa berbincang dan mengenal satu sama lain,” ujar Jokowi.

Dalam kesempatan ini, Presiden yang didampingi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, melakukan videoconference dari Istana Negara dengan para pejabat pemerintah daerah di Sorong (Papua Barat), Merauke (Papua), Rote (Nusa Tenggara Timur), Sabang (Nanggroe Aceh Darussalam), dan Penajam (Kalimantan Timur).

Sebagai informasi, Palapa Ring merupakan proyek pembangunan backbone jaringan serat optik nasional yang menghubungkan seluruh 514 ibukota kabupaten/kota di Indonesia.

Palapa Ring terdiri dari tiga paket. Pertama Palapa Ring paket barat yang dilaksanakan oleh PT Palapa Ring Barat ini membentang kabel optik sepanjang 2.275 km yang menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Anambas dan Natuna). Rampung pada awal 2018

Palapa Ring paket tengah mencakupi Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara dengan total panjang kabel serat optik 2.995 km. Pada bagian ini pembangunannya dilaksanakan oleh PT LEN Telekomunikasi Indonesia dan selesai awal tahun 2019.

Sedangkan, Palapa Ring paket timur yang merupakan paling susah dikerjakan karena selain faktor geografinya yang terdiri dari pegunungan sampai rawan terjadinya konflik. Palapa Ring paket timur dilaksanakan oleh PT Palapa Ring Timur dengan jangkauan dari NTT, Maluku, Papua Barat, dan Papua sepanjang 6.878 km. Paket Timur rampung Agustus 2019. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline