logo seputarnusantara.com

H. Fadholi : Pemerintah Pusat & Daerah Perlu Pemetaan Daerah Yang Kekeringan

14 - Oct - 2019 | 18:31 | kategori:Headline
Drs. H. Fadholi, Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem

Jakarta. Seputar Nusantara. Musim kemarau panjang beberapa bulan ini membuat berbagai daerah di tanah air dilanda kekeringan.

Dampak kemarau panjang, disamping menyusutnya air tanah yang berimbas pada manusia, juga berdampak pada pertanian dan peternakan.

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. H. Fadholi, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI saat diwawancarai seputarnusantara.com pada Senin, 14 Oktober 2019 di Gedung Nusantara 1 DPR- Senayan.

Fadholi menjelaskan, dengan adanya kemarau panjang ini, semua pihak, baik itu pemerintah, khususnya para petani harus bisa mencari solusi agar lahan pertaniannya agar tetap mendapatkan pasokan air yang cukup memadai.

” Pemerintah perlu melakukan pemetaan daerah- daerah mana yang kering, dan jaringan irigasinya (pasokan airnya sedikit). Sehingga dengan pemetaan tersebut, persoalan air bisa diatasi,” ungkap Fadholi.

Pemetaan tersebut, lanjutnya, demi kontinuitas pertanian. Sebab, jika ada pemetaan dan solusi yang tepat, maka areal pertanian tetap mendapatkan pasokan air dan akan menghasilkan panen yang melimpah.

Kemudian, tambahnya, diakhir tahun biasanya mulai masuk musim penghujan. Oleh karena itu, perlu diantisipasi supaya areal pertanian tidak terkena dampak banjir.

” Sebentar lagi musim penghujan, perlu diantisipasi persoalan banjir. Sebab, kalau areal pertanian terkena dampak banjir, juga akan merusak tanaman, ini perlu diantisipasi juga,” tegas Politisi Partai NasDem ini.

Saat musim penghujan nanti, jelasnya, musibah banjir merupakan suatu hambatan bagi petani. Karena areal pertanian banyak yang terkena dampak banjir.

” Pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus bisa mengantisipasi musim kemarau sekarang ini karena banyak yang kekeringan, dan juga harus bisa mengantisipasi dampak banjir saat musim penghujan nanti,” pungkas Fadholi di penghujung wawancara. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline