logo seputarnusantara.com

Tamanuri Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Fokus Untuk Memperkuat Pemahaman Ideologi Kebangsaan Demi Perkuat NKRI

26 - Nov - 2019 | 15:00 | kategori:Headline
Drs. H. Tamanuri, MM., (berdiri di podium), Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem saat menjadi Nara Sumber dalam acara Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Lampung Utara

Lampung Utara. Seputar Nusantara. Pada tanggal 26 November 2019, kembali dilakukan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yakni Pancasila, UUD’ 45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Untuk itu Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem Drs. H. Tamanuri, M.M., kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang dilaksanakan di Desa Madukoro, Kecamatan Kotabumi Utara- Kabupaten Lampung Utara.

Peserta Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan adalah Camat Kotabumi Utara, Doni Ferwari Fahmi, SE., MM., Anggota DPRD Kabupaten Lampung Utara Fraksi NasDem, Hj. Dewi Murni, S. Ag., MM., Muspika Kecamatan Kotabumi Utara, Kepala Desa se- Kecamatan Kotabumi Utara, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Wanita dan Pemuda

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar tersebut Nara Sumbernya adalah Drs. H Tamanuri, MM., dan Novekawati, SH., MH., (Akademisi Universitas Muhammadiyah Kotabumi- Lampung Utara).

Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut diikuti oleh 150 orang.

Dalam paparannya, Tamanuri menjelaskan bahwa MPR terdiri atas Anggota DPR dan Anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. MPR merupakan Lembaga Permusyawaratan Rakyat yang berkedudukan sebagai Lembaga Negara.

Menurut Politisi Partai NasDem ini, kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara mempunyai tujuan diantaranya ; untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan Ketetapan MPR, serta untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Tema yang diangkat dalam Sosialisasi 4 Pilar yang dilaksanakan oleh Drs. H. Tamanuri, MM., adalah ” Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa.”

Menurut Tamanuri, sekarang ini permasalahan bangsa Indonesia begitu kompleks. Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa harus bersatu padu untuk menyelesaikan seluruh persoalan bangsa ini.

” Kita semua harus bersatu padu dan meningkatkan persatuan dan kesatuan Bangsa. Kita harus memperkuat ideologi kebangsaan untuk memperkuat NKRI,” tegas Tamanuri.

Kalau ideologi kebangsaan sudah kuat, lanjutnya, maka seluruh komponen bangsa Indonesia akan bersatu untuk memperkuat NKRI. Sebab, ideologi kebangsaan merupakan pondasi untuk mewujudkan NKRI yang kokoh.

” Jadi, kuncinya adalah ideologi. Kalau ideologi Pancasila kita kuat, maka NKRI juga kuat. Kalau NKRI kuat, maka bangsa Indonesia akan cepat maju dan setara dengan bangsa- bangsa lain di dunia. Kemajuan bangsa Indonesia harus didukung oleh seluruh komponen bangsa,” terang Tamanuri, Anggota DPR/ MPR RI dari Fraksi Partai NasDem ini.

NKRI, tambahnya, merupakan bingkai yang harus selalu dijaga supaya tetap utuh. Karena, dengan NKRI ini, bangsa Indonesia yang terdiri dari puluhan ribu pulau, berbagai suku bangsa, bahasa, dan budaya, dapat disatukan dengan bingkai NKRI.

” Maka, NKRI merupakan alat pemersatu bangsa yang majemuk ini. Dengan NKRI yang kuat, bangsa kita yang majemuk dapat bersatu dan bersama- sama membangun negara Indonesia,” pungkasnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline