logo seputarnusantara.com

Kepala Biro Pemberitaan Parlemen : Saya Bangga Dengan Pisang “Tongka Langit”

5 - Dec - 2019 | 20:40 | kategori:Headline
Dari kiri ke kanan : Fauzi H. Amro, M. Si., (Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem), Muhammad Farhan (Anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem), dan Yohannes OI Tahapari, SH., M.Si., (Kepala Biro Pemberitaan Parlemen), saat menatap pohon pisang “Tongka Langit” di depan Gedung Nusantara II DPR RI- Senayan, pada Kamis 5 Desember 2019

Jakarta. Seputar Nusantara. Siapa yang tidak kenal dengan pisang? Tentu mayoritas rakyat Indonesia kenal dan akrab dengan pisang.

Pisang merupakan buah yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dimana- mana hampir seluruh wilayah Indonesia ada pohon pisang.

Namun, kali ini pisang bukan sembarang pisang. Pohon pisang ini aneh, nyentrik, dan langka.

Kalau umumnya pohon pisang, buahnya menghadap ke bawah, namun buah pisang ini menghadap ke atas.

Pohon pisang tersebut bernama “Tongka Langit.” Pohon pisang “Tongka Langit” tumbuh di depan Gedung Nusantara II DPR RI Senayan- Jakarta.

Pohon Pisang “Tongka Langit” yang FENOMENAL tumbuh dan berbuah di depan Gedung Nusantara II DPR RI- Senayan- Jakarta

Menurut Yohannes O.I. Tahapari, SH., M.Si., Kepala Biro Pemberitaan Parlemen DPR RI bahwa pohon pisang Tongka Langit ini hanya tumbuh di daerah Maluku, Papua, dan sebagian Kalimantan.

” Namun mengapa pohon pisang Tongka Langit bisa tumbuh di DPR ? Ya karena saat membawa bibitnya dari Maluku dan menanamnya di DPR- Senayan, itu atas seizin orang asli daerah Maluku,” ungkap Tahapari kepada seputarnusantara.com di Gedung Nusantara II DPR- Senayan, pada Kamis 5 Desember 2019.

Tahapari memaparkan bahwa dirinya sangat membanggakan pohon pisang Tongka Langit yang berasal dari Maluku itu.

” Saya sangat membanggakan pisang Tongka Langit, pohon pisang ini saya ambil langsung dari negeri saya di Desa Akoon, Nusa Laut, Kepulauan Lease- Maluku Tengah. Dan pohon ini akan saya lestarikan dan akan saya jadikan icon saat kampanye nanti tahun 2020 ketika saya akan menjadi Calon Walikota Ambon,” tegas Tahapari dengan lantang.

Menurut Tahapari, ternyata kekayaan alam Kota Ambon itu sangat banyak dan melimpah, salah satunya adalah pohon pisang Tongka Langit.

” Nah, pisang Tongka Langit ini bersama makanan khas Maluku yaitu sagu, yang tidak pernah ditanam namun tumbuh sendiri. Kontur tanah di Ambon sangat cocok untuk pohon sagu, sehingga banyak pohon sagu yang tumbuh sendiri,” terangnya.

Kita tahu, lanjutnya, bahwa Maluku khususnya Kota Ambon, memiliki potensi sumber daya alam yang sangat luar biasa. Oleh karena itu, alangkah sayangnya kalau tidak digali dan diperkenalkan kepada seluruh rakyat Indonesia.

” Di Ambon sangat subur akan tumbuhan pohon pisang Tongka Langit. Jadi dengan demikian, maka pisang Tongka Langit yang sudah ditanam dan tumbuh di DPR RI ini, bisa jadi kebanggaan dan bisa dipamerkan di DPR RI, dan ternyata berasal dari Maluku,” ucapnya.

Tahapari menceritakan, bahwa setiap orang yang lewat di Gedung Nusantara II DPR RI- Senayan, pasti heran dan terkejut, karena buah pisang Tongka Langit ini menghadap keatas, ini berbeda dengan pohon pisang lainnya yang buahnya menghadap kebawah.

” Banyak pertanyaan yang datang ke saya mengenai pohon pisang Tongka Langit yang buahnya menghadap keatas itu. Namun saya bisa menjelaskan dengan baik, karena pohon pisang Tongka Langit ini hidup di Maluku, sebagian Papua dan sebagian Kalimantan. Tapi yang dikenal oleh banyak orang adalah pisang Tongka Langit yang tumbuh di Maluku,” pungkas Yohannes Tahapari, Kepala Biro Pemberitaan Parlemen ini di penghujung Wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline