logo seputarnusantara.com

Hasan Aminuddin, Sosok Ulama dan Politisi Tiga Zaman Yang Kharismatik

17 - Dec - 2019 | 09:06 | kategori:Headline
Drs. H. Hasan Aminuddin, M. Si., Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Nasdem (Nasional Demokrat)

Jakarta. Seputar Nusantara. Drs. H. Hasan Aminuddin, M. Si., lahir di Probolinggo- Jawa Timur pada 7 Januari1965.

Hasan Aminuddin adalah Anggota DPR RI periode 2014- 2019 dan Periode 2019- 2024 dari Fraksi Partai NasDem (Nasional Demokrat).

Dia pernah menjabat sebagai Bupati Probolinggo dua periode yakni 2003- 2008 dan 2008- 2013.

Hasan Aminuddin juga pernah menjadi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo periode 1999- 2003. Hasan adalah suami dari Bupati Probolinggo sekarang Puput Tantriana Sari.

Tokoh santri yang Nasionalis ini sudah tidak asing lagi di masyarakat, terutama di wilayah Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo.

Mendengar namanya, masyarakat langsung teringat akan jasa dan hasil karyanya, bukan karena ia lama menjadi pemimpin di Probolinggo, melainkan nama sosok Hasan Aminuddin yang sangat sederhana itulah yang membuatnya dihormati banyak orang.

Hasan, biasa ia disapa saat ini tengah menjalankan amanah sebagai Wakil Rakyat untuk duduk di kursi DPR RI Komisi IV yang membidangi urusan Pertanian, Kelautan dan Perikanan, serta Kehutanan.

Hasan melangkah menuju Gedung Parlemen- Senayan dari daerah pemilihan Jawa Timur II yang meliputi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Pasuruan, dan Kota Probolinggo.

Perjalanan karier politik Hasan mendapat banyak acungan jempol. Ia memulai karier politiknya sebagai anggota DPRD Probolinggo tahun 1992. Pada periode selanjutnya Hasan menempati posisi Ketua DPRD Probolinggo.

Menanggalkan kursi Legislatif daerah, Hasan menapaki jenjang kepemimpinan yang lebih tinggi lagi, dua periode berurutan Hasan dipercaya masyarakat untuk menjadi Bupati Probolinggo.

Tak perlu diragukan lagi kualitas kepemimpinan sosok Hasan Aminuddin yang juga seorang Kiai. Kedekatannya dengan keluarga besar Nahdlatul Ulama yang ditunjang dengan kemampuannya dalam mengakomodasi kepentingan masyarakat luas semakin melambungkan namanya.

Hasan dikenal sebagai politikus tiga zaman, yakni zaman Orde Baru, zaman Reformasi, dan zaman Restorasi. Ia mengaku tantangan di zaman Restorasi saat ini jauh lebih berat daripada zaman- zaman sebelumnya, untuk itu diperlukan kesabaran dan kesadaran yang baik dari masing-masing individu.

” Zaman sekarang ini sangat ekstrem. Perlu filterisasi untuk memahami sebuah persoalan, sehingga kita tidak mudah terpancing,” terang Hasan.

Di mata masyarakat, Hasan merupakan sosok yang sangat sederhana, bahkan dengan ilmu dan pengalamannya yang segudang itu, dia tak sungkan lagi turun ke jalan untuk sekadar menikmati kopi bersama masyarakat.

Melihat wajahnya yang damai dengan tatapan matanya yang sejuk semakin menambah rasa persaudaraan yang ditebarkan Hasan. Tutur lembut yang keluar dari seorang Hasan dengan pembawaan yang beradab juga membuatnya semakin dikagumi banyak orang.

Melalui tulisan dan ceramahnya Hasan yang gemar menggunakan sarung dan kopiah itu acap kali mengajak masyarakat untuk merenungi kehidupan serta mengingatkan umat akan pentingnya mencari ilmu dan menjaga kualitas keimanan.

” Kebaikan itu banyak tetapi yang melaksanakannya sedikit,” terang Hasan.

Saat ini Hasan Aminuddin dipercaya untuk mengemban tugas sebagai Ketua DPP Partai NasDem di Bidang Agama dan Masyarakat Adat.

Hasan Aminuddin kini juga dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai NasDem. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline