logo seputarnusantara.com

Wakil Ketua DPR : Prabowo Tidak Sedang Naikkan Pencitraan-Elektabilitas

23 - Jul - 2020 | 12:30 | kategori:Headline

Keterangan foto : Sufni Dasco Ahmad, Wakil Ketua DPR RI

Jakarta. Seputar Nusantara. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan pertama dalam salah satu survei elektabilitas kandidat calon Presiden 2024. Partai Gerindra mengaku Prabowo saat ini tak sedang menaikkan pencitraan hingga elektabilitas.

“Ya survei yang dilakukan lembaga survei itu kan dinamis, kadang naik, kadang turun, tapi itu menurut kami tidak masalah. Dan juga memang Pak Prabowo saat ini tidak sedang dalam menaikkan pencitraan atau elektabilitas atau popularitas,” kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 23 Juli 2020.

Dasco menyebut Prabowo sedang fokus menjadi Menteri Pertahanan (Menhan). Gerindra tak ambil pusing soal hasil dari lembaga survei.

“Pak Prabowo saat ini sedang fokus mengerjakan tugas pokok sebagai Menteri Pertahanan, bekerja untuk rakyat. Jadi soal survei, itu biarkan saja lembaga survei melaksanakan survei-survei dan rakyat menilai, dan lebih penting 2024 juga masih lama, Pak Prabowo fokus pada tugas-tugas sebagai Menteri Pertahanan,” ujarnya.

Dalam survei Charta Politika, Prabowo mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Gerindra menyebut belum ada pembicaraan menduetkan Prabowo dan Ganjar di 2024

“Sampai saat ini kami belum membicarakan tentang itu, kami masih fokus pada kerja-kerja pemenangan pilkada dan untuk pemilu legislatif,” imbuh Dasco.

Sebelumnya, lembaga survei Charta Politika Indonesia juga menggelar survei elektabilitas kandidat calon presiden 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto berada di peringkat pertama disusul dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon dengan metode simple random sampling kepada 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia pada 6-12 Juli 2020. Margin of error (toleransi kesalahan) survei 2,19% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Hasil survei dirilis oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam diskusi daring bertema ‘Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum pada Masa Pandemi COVID-19’, Rabu (22/7/2020). Salah satu yang disurvei adalah soal elektabilitas kandidat capres untuk Pilpres 2024.

Responden disodorkan 11 nama tokoh kandidat capres. Pertanyaannya adalah sebagai berikut : Seandainya Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dari nama-nama di bawah ini?

Hasilnya adalah sebagai berikut :

Prabowo Subianto : 17,5%
Ganjar Pranowo : 15,9%
Anies Baswedan : 15%
Sandiaga Uno : 11,2%
Ridwan Kamil : 10,1%
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) : 4%
Tri Rismaharini : 2,1%
Erick Thohir : 2,1%
Khofifah Indar Parawansa : 1,7%
Mahfud Md : 1,3%
Gatot Nurmantyo : 1%
Tidak Jawab/Tidak Tahu : 18,2%. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline