logo seputarnusantara.com

Lirik Peluang Bisnis Porang, Anggota DPD RI asal Kalimantan Utara Hasan Basri Ingin agar Petani di Bekali Ketrampilan

9 - Jun - 2021 | 13:01 | kategori:Headline

Keterangan foto : Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, S.E., M.H., (paling kiri) bersama Menteri Pertanian RI (tengah)

Sidrap. Seputar Nusantara. Wakil Ketua Komite II DPD RI Hasan Basri, S.E., M.H., dalam kunjungannya bersama Menteri Pertanian RI di Kabupaten Sidrap Sulawesi Selatan (5/6/2021).

Senator Asal Kalimantan Utara ini menyampaikan salah satu terobosan untuk menunjang perekonomian nasional adalah dengan mencetak banyak petani millenial yang inovatif, sehingga mampu melewati tantangan dan mengkoneksikan pasar ekspor. 

Menurut Hasan Basri, upaya untuk memajukan komoditas porang hingga menghasilkan kualitas ekspor yang bagus, melibatkan peran dari berbagai sektor.

Saat ini produksi komoditas porang di Daerah sebanyak 80% hingga 85% yang dihasilkan dalam bentuk chips untuk di ekspor, sedangkan 10 hingga 15 % untuk konsumsi dalam negeri dalam bentuk beras porang maupun mie porang. 

Disisi lain, Hasan Basri mendorong lahirnya jutaan petani millenial yang memiliki kemampuan lebih dalam mengelola sektor pertanian, khususnya komoditas porang dan walet. Ke depan, mereka diharapkan mampu melewati tantangan dan mengkoneksikan pasar ekspor.

“Harapan saya, dengan adanya peningkatan fasilitas pertanian dibidang teknologi, akan mampu meningkatkan pendapatan petani di bidang porang, dengan meningkatnya pendapatan diharapkan mampu menarik kaum millenial kembali ke industri ini. Komite II DPD RI akan mendorong di daerah-daerah agar tidak segan-segan menggunakan bibit-bibit produksi lokal, saya menilai bibit lokal tidak kalah dari bibit-bibit dari luar. Dari hasil budidaya yang dihasilkan maka akan menghasilkan benih yang berkualitas, sudah berlabel dan bersertifiksi jadi buat masyarakat yang ingin tanam tidak perlu khawatir, benih yang ada sudah siap disebar ke masyarakat untuk dikembangkan di tempat lain,” ucap Hasan Basri saat melakukan peninjauan di lapangan.

Sesuai arahan Presiden Jokowi, kita harus mengakselerasi komoditas-komoditas yang memang menjanjikan dan memiliki skala ekonomi yang menguntungkan.

Oleh karena itu, tegasnya, generasi muda harus turun membangun sektor pertanian. Di samping itu, dalam upaya memajukan komoditas porang hingga menghasilkan kualitas ekspor yang bagus, perlu melibatkan peran lintas sektor. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline