logo seputarnusantara.com

Dugaan Korupsi Alat Kesehatan, Max Sopacua Disebut Terima Duit Suap

Dugaan Korupsi Alat Kesehatan, Max Sopacua Disebut Terima Duit Suap

7 - Des - 2010 | 12:05 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua disebut-sebut dalam sidang kasus korupsi alat kesehatan yang tengah ditangani KPK. Max pun menyerahkan sepenuhnya penyelesaian kasus tersebut kepada KPK.

“Sudah cukup penjelasan saya, semua saya serahkan ke KPK,” ujar Max kepada detikcom, Senin (6/12/2010).

Max mengaku tidak paham betul kasus korupsi alat kesehatan tersebut. Namun demikian Max mengaku sudah melakukan klarifikasi ke KPK terkait kasus tersebut.

“Saya sudah memberikan klarifikasi selengkapnya ke KPK,” terang Max.

Max bersama dua politikus Partai Golkar, Asiah Salekan dan Charles Jonas Mesang, disebut dalam surat dakwaan untuk terdakwa bekas Sekretaris Jenderal Departemen Kesehatan Sjafii Ahmad di Pengadilan Tipikor, Senin (29/11) lalu.

Dalam surat dakwaan terdakwa yang dibacakan jaksa di persidangan, Max disebut menerima duit Rp 45 juta dari terdakwa. Duit diberikan Sjafii untuk sebagian pembayaran sebuah mobil Honda CRV.

Adapun Salekan diduga menerima total Rp 35 juta. Sementara Mesang disebut jaksa menerima Rp 90 juta. Duit untuk Max, Salekan, dan Mesang diberikan Sjafii sekitar 2007-2008, saat mereka masih sama-sama duduk di Komisi Kesehatan DPR.

Jaksa menyebut duit berasal dari Budiarto Maliang, Komisaris PT Kimia Farma, perusahaan pemenang lelang proyek rontgen. Budiarto memberikan cek pelawat Mandiri dan cek multiguna BNI kepada Sjafii dengan total Rp 8,98 miliar sebagai imbalan telah ikut memenangkan perusahaannya. Sebagian uang yang diterima Sjafii lantas dibagikan ke sejumlah orang, termasuk Max dan kawan-kawan. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline