logo seputarnusantara.com

Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo Lakukan Berbagai Langkah Untuk Menyambut Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

2 - Apr - 2024 | 16:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Wiyoto Harjono, ST., Kepala Dinas LHP (Lingkungan Hidup dan Perikanan) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah 

Purworejo. Seputat Nusantara. Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan (LHP) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut dan mendukung Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M.

Menurut Wiyoto Harjono, ST., Kepala Dinas LHP (Lingkungan Hidup dan Perikanan) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah bahwa dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 H, Dinas LHP menyiapkan berbagai langkah terutama terkait dengan kebersihan, pertamanan, dan persampahan.

” Yang pasti, Tim kami dari LHP tidak libur selama Hari Raya Idul Fitri 1445 H, mulai H-7 hingga H+7 Tim tetap bekerja. Kemudian kami juga menyiapkan sarana prasarana dan personil untuk mengantisipasi meningkatnya volume sampah mulai H-7 sampai H+7 Idul Fitri,” ungkap Wiyoto kepada Media Online seputarnusantara.com di ruang kerjanya, pada Selasa 2 April 2024.

Lebih lanjut Wiyoto menjelaskan bahwa yang disiapkan oleh Dinas LHP Kabupaten Purworejo adalah pertama, TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Jetis disiapkan sarana dan prasarananya seperti disiapkan disana eskavator dsb. Eskavator harus selalu standby di TPA Jetis.

” Kemudian kedua, kita juga menyiapkan TPS (Tempat Penampungan Sampah) pada 22 titik, kemudian transfer depo di 2 titik. Selanjutnya ketiga, kita siapkan truck sampah sejumlah 13 armada dan 3 kendaraan tangki roda tiga untuk.menyiram,” paparnya.

Selanjutnya keempat, sambungnya, kita siapkan 88 orang personil persampahan dan 66 orang penyapu jalan untuk antisipasi dan mendukung Hari Raya Idul Fitri. Ini semua disiapkan guna menyambut dan mendukung Perayaan Hari Raya Idul Fitri.

” Tentu ini semua kita lakukan untuk mengantisipasi lonjakan volume sampah di momentum Hari Raya Idul Fitri. Memang selama ini trend penambahan volume sampah tidak.terlalu signifikan, namun harus tetap kita antisipasi,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, Dinas LHP menghimbau kepada masyarakat Purworejo maupun para pemudik agar pertama, mengurangi sampah semaksimal mungkin, misalnya membawa botol sendiri untuk minum dan mengurangi minum air botol sekali pakai.

” Kemudian kedua, kami himbau agar dapat memilah sampah yang organik dan non- organik, ini akan sangat membantu kami. Kemudian ketiga, usahakan membawa tas sendiri untuk mengurangi penggunaan tas kresek. Selanjutnya keempat, agar masyarakat membawa wadah makanan,” ucapnya.

” Dan kelima, ini sangat penting, jika makan harus dihabiskan, karena sampah makanan ini sangat banyak yang masuk ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sampah dan ini mubadzir. Harapan kami, masyarakat Purworejo melaksanakan himbauan dari Dinas LHP,” pungkas Wiyoto Harjono di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline