logo seputarnusantara.com

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo : Jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Stok Pangan di Purworejo Aman dan Masyarakat Dapat Nyaman Merayakan Lebaran

5 - Apr - 2024 | 15:30 | kategori:Headline

Keterangan foto : Ir. Siti Lestari, MM., Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1445 H/ 2024 M, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah sesuai dengan kewenangannya ikut melakukan pengawasan bahan pangan terutama terkait dengan stok dan harga pangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Ir. Siti Lestari, MM., Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah kepada Media Online seputarnusantara.com di kantor DKPP, pada Jumat 5 April 2024.

Lebih lanjut Siti Lestari menjelaskan bahwa untuk stok beras di Purworejo cukup aman karena sudah panen dan harga beras di pasar juga sudah menurun. Selain itu, DKPP juga masih melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah bekerjasama dengan Bulog.

” Kemudian terkait dengan peredaran daging, sesuai dengan kewenangan kami, baik itu daging sapi maupun daging unggas seperti ayam, kita ikut mengawasi. Karena momentum Hari Raya Idul Fitri ini, permintaan daging cukup tinggi, sehingga kita perlu waspada,” ungkap Siti Lestari.

Sidak yang dilakukan oleh DKPP beberapa hari yang lalu, sambungnya, tidak ditemukan kecurangan terkait masalah daging ini. Mungkin mereka juga sudah tahu bahwa hal ini diawasi oleh pemerintah.

” Karena persoalan daging ini, secara teknis harus Halal, secara agama juga harus Halal. Ini sesuai dengan kewenangan kami dalam pengawasan peredaran daging,” tegas Sekretaris DKPP ini.

DKPP, lanjutnya, ikut masuk dalam TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) yang salah satu tugasnya adalah memantau harga- harga di tingkat pasar, TPID dikoordinir oleh Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Purworejo.

” Momentum Hari Raya Idul Fitri ini banyak pemudik, otomatis terjadi peningkatan volume konsumsi bahan pangan dan daging, Inshaa Allah aman. Karena untuk beras kita melimpah dan untuk daging kita juga dapat pasokan dari luar daerah seperti Kabupaten Boyolali, Kulon Progo dan Magelang,” papar Siti Lestari.

Kalau nanti ada kenaikan harga daging, sambungnya, hal itu wajar karena permintaan naik. Namun, daging sapi ini bukan utama, masih ada subtitusi (pengganti) misalnya daging ayam yang lebih murah harganya.

” Saya berpesan dan berharap kepada masyarakat agar pertama, belanja secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Kemudian kedua, jangan ada aksi borong belanja, karena stok bahan pangan di Purworejo aman,” pungkas Siti Lestari di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline