logo seputarnusantara.com

Dinas Lingkungan Hidup dan Perikanan Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah Punya Konsep dan Akan Membangun Kebun Raya Untuk Konservasi

15 - Mei - 2024 | 16:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Wiyoto Harjono, ST., Kepala Dinas LHP (Lingkungan Hidup dan Perikanan) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah 

Purworejo. Seputar Nusantara. Dinas LHP (Lingkungan Hidup dan Perikanan) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah mempunyai konsep yang cemerlang yaitu akan membangun Kebun Raya di wilayah Purworejo.

Menurut Wiyoto Harjono, ST., Kepala Dinas LHP (Lingkungan Hidup dan Perikanan) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah bahwa Dinas LHP mempunyai Heroes Park dengan luas kurang lebih 11 hektar. Heroes Park yang berlokasi di Kelurahan Kedungsari- Kecamatan Purworejo- Kabupaten Purworejo, selama ini berfungsi sebagai RTH (Ruang Terbuka Hijau) dan berbagai kegiatan kemasyarakatan.

” Rencana ke depannya adalah, kita akan mengembangkan Heroes Park yang tadinya hanya berfungsi sebagai RTH dan kegiatan- kegiatan kemasyarakatan, akan kita kembangkan menjadi Kebun Raya,” ungkap Wiyoto Harjono kepada Media Online seputarnusantara.com di ruang kerjanya, pada Rabu 15 Mei 2024.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa untuk menindaklanjuti rencana Heroes Park menjadi Kebun Raya, Dinas LHP sudah menyurati BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) melalui Direktorat Kemitraan, Riset dan Inovasi yang berkantor di Jakarta, untuk permohonan study kelayakan Heroes Park menjadi Kebun Raya.

” Dan surat dari kita sudah direspon oleh BRIN. Rencananya BRIN pada minggu depan akan turun ke Purworejo guna survey lokasi dan akan memandu kita dalam rangka pengembangan Heroes Park menjadi Kebun Raya tersebut,” terang Wiyoto.

Dia berharap agar nantinya di Kebun Raya tersebut terdapat zonasi- zonasi, misalnya ada zonasi tanaman khusus asli Purworejo, kemudian ada tanaman tropis, tanaman langka yang diambil dari daerah lain. Kita juga punya tanaman khusus asli Purworejo, ini akan dikonservasi.

” Fungsi Kebun Raya yang berada di Heroes Park nantinya antara lain adalah sebagai sarana konservasi tanaman, juga sebagai edukasi bagi masyarakat dan juga sebagai tempat wisata,” tegas Wiyoto.

Di tengah- tengah isu pemanasan global, sambungnya, nantinya keberadaan Kebun Raya sangatlah penting. Heroes Park yang akan dikembangkan menjadi Kebun Raya, saat ini mayoritas lahannya adalah vegetasi alami. Heroes Park sebagai hutan kota, sangatlah berperan penting untuk mengurangi suhu yang ada di wilayah Purworejo.

” Jika nanti Heroes Park menjadi Kebun Raya, output yang kita harapkan adalah pertama, sebagai sarana konservasi. Jadi sebagai konservasi tanaman- tanaman langka yang ada disana maupun tanaman- tanaman unik dari luar Purworejo. Kemudian kedua, sebagai sarana edukasi bagi masyarakat. Saat ini kita sedang mengembangkan QR Code di Heroes Park, jadi ketika pengunjung scan QR Code di suatu tanaman, maka akan muncul narasinya, tanaman tersebut bernama apa, fungsinya apa, dan spesifikasi- spesifikasi lainnya,” papar Wiyoto dengan gamblang.

” Selanjutnya output yang kita harapkan ketiga adalah Kebun Raya nantinya juga berfungsi sebagai tempat wisata alam. Karena Kebun Raya tersebut menjadi tempat wisata, secara otomatis akan berpengaruh dan menambah PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Purworejo,” pungkas Wiyoto Harjono di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline