logo seputarnusantara.com

Dinas PUPR Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah Capaian Fisiknya Mengalami Deviasi Plus, Serapan Anggaran Signifikan

28 - Mei - 2024 | 17:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Suranto, S.Sos., M.PA., Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah 

Purworejo. Seputar Nusantara. Pada hakikatnya Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah sampai bulan Mei 2024 ini, capaian pekerjaan fisiknya mengalami Deviasi Plus.

Hal tersebut disampaikan oleh Suranto, S.Sos., M.PA., Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah kepada Wartawan Media Online seputarnusantara.com di ruang kerjanya, pada Selasa 28 Mei 2024.

Lebih lanjut Suranto menjelaskan bahwa target fisiknya, semestinya 7,59%, namun sampai dengan akhir April 2024, realisasi fisik di Dinas PUPR sudah mencapai angka 11,33%, artinya ini mengalami Deviasi Plus atau lebih cepat dari yang direncanakan.

” Saat ini, kegiatan- kegiatan di Dinas PUPR yang bersifat kontraktual masih berproses di Barjas, baik itu yang sumber dananya dari DAK (Dana Alokasi Khusus) maupun yang bersumber dari Banprov (Bantuan Provinsi) Jawa Tengah. Kegiatan di Bidang Bina Marga dan Bidang Cipta Karya & Bina Konstruksi sudah dimasukkan oleh PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) ke Barjas untuk proses lelang,” terangnya.

Harapannya, lanjutnya, setelah ditenderkan, smoga 1 bulan ke depan sudah ada Perjanjian Kontrak Kerja dan harapan kita di bulan Oktpber atau November 2024, pekerjaan- pekerjaan yang bersifat kontraktual sudah terselesaikan.

” Yang bersumber dari DAK, kami mengerjakan 8 ruas jalan. Sedang yang bersumber dari Bantuan Provinsi Jawa Tengah, kami mengerjakan 5 ruas jalan. Dan yang bersumber dari APBD Kabupaten Purworejo kami mengerjakan 1 ruas jalan, smoga ini semua terselesaikan pada bulan Oktober atau November 2024 nanti,” papar Suranto.

Untuk pekerjaan di Bidang Cipta Karya dan Bina Konstruksi yaitu SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) yang sekarang sedang proses tender di Barjas. Ada juga pekerjaan Sanitasi yang direncanakan, dikerjakan, dipertanggungjawabkan dan diawasi oleh Kelompok Swadaya Masyarakat, ini bersifat Hibah.

” Kemudian untuk Bidang SDA (Sumber Daya Air) ada 4 pekerjaan yang saat ini masih proses tender di Barjas. 4 pekerjaan di Bidang SDA sedang dalam masa sanggah dan 1 pekerjaan terjadi gagal lelang sehingga di re-tender lagi,” ucap Suranto dengan gamblang.

Di Bidang SDA, lanjutnya, saat ini ada lomba Pengamat OP (Operasional Pengairan) tingkat Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan untuk pekerjaan pemeliharaan rutin jalan, tambahnya, dilaksanakan oleh UPT- UPT (Unit Pelaksana Teknis) supaya jalan tetap dalam kondisi baik dan aman.

” Untuk realisasi anggaran Dinas PUPR Kabupaten Purworejo sampai akhir April 2024 kemarin mencapai angka Rp 11.126.091.051,-.atau 8,96% dari total anggaran yang ada,” pungkas Suranto di penghujung wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline