logo seputarnusantara.com

Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo- Jateng Akan Selenggarakan Edukasi dan Pembinaan Bagi Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran)

7 - Jun - 2024 | 16:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Slamet, S. IP.., Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Kantor Sat Pol PP dan Damkar (Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah,

Purworejo. Seputar Nusantara. Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan kegiatan Edukasi dan Pembinaan bagi Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran).

Menurut Slamet, S. IP.., Kepala Bidang Pemadam Kebakaran pada Kantor Sat Pol PP dan Damkar (Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah, bahwa Kantor Sat Pol PP dan Damkar mempunyai program pembinaan kepada masyarakat, salah satunya adalah melakukan Pembinaan dan Pemantapan kepada Redkar (Relawan Pemadam Kebakaran).

” Kegiatan Pembinaan bagi Redkar akan kami selenggarakan pada Hari Rabu dan Jumat, tanggal 12 dan 14 Juni 2024. Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi anggota Redkar,” ungkap Slamet kepada Media Online seputarnusantara.com di Kantornya, pada Jumat 7 Juni 2024.

Lebih lanjut Slamet memaparkan bahwa output yang diharapkan dari kegiatan tersebut adalah anggota Redkar lebih memahami tugas dan tanggungjawabnya terhadap persoalan kebakaran serta lebih trampil dalam hal pencegahan dan penanganan kebakaran.

” Tugas Redkar adalah membantu di lingkungannya masing- masing hal- hal terkait dengan persoalan kebakaran, seperti pencegahan dan penanganan kebakaran. Sehingga di masing- masing lingkungan mempunyai daya tahan terhadap persoalan kebakaran,” ucapnya.

Disamping itu, lanjutnya, juga dilakukan sosialisasi dan edukasi terhadap para siswa- siswi sekolah tentang pencegahan dan penanganan kebakaran. Minggu depan juga akan diselenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi di salah satu sekolahan di Purworejo.

” Output yang kami harapkan adalah para siswa sekolah mengetahui dan memahami tentang bagaimana pencegahan, penyelamatan, dan penanganan bahaya kebakaran,” terang Slamet dengan jelas.

Untuk kegiatan Pembinaan Redkar minggu depan, dambungnya, akan diikuti oleh 120 peserta. Dan akan bergilir kepada anggota Redkar lainnya, karena di masing- masing Desa sudah ada anggota Redkar.

” Jadi, 120 peserta Pembinaan tersebut, masing- masing Desa 1 anggota Redkar. Agar mereka dapat meningkatkan kemampuannya melalui kegiatan Pembinaan tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, hampir seluruh Desa di wilayah Purworejo mempunyai anggota Redkar. Tujuan dibentuknya Redkar di masing- masing Desa adalah supaya mereka turut memberikan pemahaman kepada lingkungannya tentang pencegahan, penyelamatan, dan penanganan kebakaran di wilayahnya masing- masing.

” Harapan kami, para Redkar dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam hal pencegahan, penyelamatan, dan penanganan kebakaran. Redkar juga harus mampu memetakan wilayah- wilayah yang berpotensi rawan terhadap terjadinya kebakaran,” pungkas Slamet di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline