logo seputarnusantara.com

Progres Kinerja Fisik Dinas PUPR Kabupaten Purworejo Sampai Akhir Agustus 2024 Alami Deviasi Plus

11 - Sep - 2024 | 16:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Gunarto, ST., Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Capaian Fisik Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah melampaui target yang telah ditetapkan.

Menurut Suranto, S.Sos., M.PA., Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah melalui Sekretaris Dinasnya, Gunarto, ST., bahwa sampai dengan akhir bulan Agustus 2024 ini, capaian kinerja fisik Dinas PUPR Kabupaten Purworejo melampaui target yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

” Bisa saya sampaikan bahwa capaian fisik Dinas PUPR Kabupaten Purworejo sampai dengan akhir bulan Agustus 2024 ini sudah melampaui target dari yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan kerjasama yang bagus antara jajaran Dinas PUPR, Penyedia Jasa dan Konsultan Pengawas,” ungkap Gunarto kepada Media Online seputarnusantara.com di ruang kerjanya, pada Rabu 11 September 2024.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa progres Dinas PUPR Kabupaten Purworejo sampai dengan akhir bulan Agustus 2024 adalah sebagai berikut : pertama, target fisiknya sebesar 35,49 %, namun realisasi fisik mencapai angka 49,46 %. Artinya terjadi deviasi plus sebesar 13,97 %, hal ini sangat menggembirakan.

” Kemudian kedua, saya sampaikan juga bahwa untuk Realisasi Keuangan Dinas di PUPR Purworejo mencapai angka sebesar Rp 76.921.178.422,-. Sehingga kalau dalam prosentase, progres keuangannya mencapai angka 61,92 %,” terang Gunarto dengan rinci.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa paket pekerjaan di Dinasnya sudah berjalan, bahkan beberapa paket pekerjaan dengan nilai kontrak yang kecil sudah hampir selesai. Seperti pekerjaan mitigasi longsor, pembuatan talud dan pengaman jalan, ini sudah selesai. Dan minggu ini sudah serah terima pekerjaan tahap yang pertama.

” Paket peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan juga masih berproses. Sedangkan paket pekerjaan jaringan irigasi juga masih dalam proses berjalan. Kami berharap, karena sekarang ini sudah mulai memasuki musim penghujan, maka pekerjaan- pekerjaan tersebut bisa segera diselesaikan,” terangnya.

Gunarto berharap agar semua pekerjaan fisik di Dinas PUPR Kabupaten Purworejo tidak mengalami permasalahan dan bisa selesai tepat waktu sesuai dengan kontrak kerja yang telah disepakati bersama.

Perlu disampaikan juga bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo sekarang ini sedang merencanakan pembangunan jembatan di atas sungai Lereng.

Pembangunan jembatan tersebut nantinya diperuntukkan untuk pengembangan di wilayah pesisir pantai atau wilayah sebelah selatan Kabupaten Purworejo.

“ Untuk DED (Detail Engineering Design) Jembatan masih dibuat, ini terkait dengan rencana Pemerintah Kabupaten Purworejo yang akan mengembangkan kawasan di wilayah selatan, jadi rencananya akan dibuat jembatan di atas sungai Lereng,” kata Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, Suranto, beberapa waktu yang lalu.

DED atau Detail Engineering Design ini adalah dokumen perencanaan atau dokumen desain teknis bangunan yang terdiri dari gambar teknis, spesifikasi teknis, spesifikasi umum, volume, dan biaya pekerjaan. Pembuatan DED atau perencanaan ini dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

Pembangunan jembatan tersebut, menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Purworejo, direncanakan akan dibangun di beberapa desa di dekat pesisir pantai selatan Kabupaten Purworejo.

“ Di Desa Jatikontal, kemudian Desa Keburuhan, dan satunya lagi mungkin di Desa Gedangan,”papar Suranto.

Jembatan tersebut nantinya bisa menjadi akses dari jalan Deandels ke arah pantai.

“ Ini merupakan upaya kita (Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo, red.) untuk membuka akses dari jalan Deandles ke arah pantai selatan, untuk pengembangan di wilayah sana,” katanya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline