logo seputarnusantara.com

Rutan Kelas IIB Purworejo Lakukan Pembinaan dan Pendidikan Bagi WBP Agar Bertaubat dan Mampu Kembali ke Masyarakat Dengan Baik Setelah Bebas

18 - Sep - 2024 | 11:31 | kategori:Headline

Keterangan foto : Kepala Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah, Eko Ari Wibowo, A.Md.IP., S.H., M.M.

Purworejo. Seputar Nusantara. Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah melakukan berbagai kegiatan pembinaan dan pendidikan bagi WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan).

Menurut Kepala Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas IIB Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah, Eko Ari Wibowo, A.Md.IP., S.H., M.M., bahwa pembinaaan di Rutan Kelas IIB Kabupaten Purworejo ada 2 program yaitu pertama, program kepribadian dan yang kedua adalah program kemandirian.

” Tujuan utama dari 2 program tersebut adalah, supaya WBP mau dan mampu bertaubat kembali ke jalan yang benar dan tidak melanggar hukum lagi,” ungkap Eko Ari Wibowo kepada Media Online seputarnusantara.com di kantornya, pada Rabu 18 September 2024.

Lebih lanjut Eko menyampaikan bahwa jenis- jenis pembinaan kepribadian di Rutan Purworejo antara lain : pesantren, belajar membaca Iqro’, belajar membaca Al Quran, dan pendidikan agama Islam bagi WBP Muslim. Bagi WBP non- muslim ada Kebaktian di dalam Rutan.

” Untuk pembinaan dan pendidikan bagi WBP yang beragama Islam, kami datangkan dari Kementerian Agama Purworejo. Sedangkan bagi WBP non- muslim, kami datangkan dari luar Rutan supaya memimpin Kebaktian disini,” terangnya.

Kemudian untuk pembinaan kemandirian, sambungnya, antara lain : pembuatan besek dari anyaman bambu, laundry, dan ketrampilan mencukur rambut. Pembinaan kemandirian ini supaya WBP punya ketrampilan yang mana akan berguna ketika mereka bebas dan kembali ke tengah- tengah masyarakat.

” Menurut pengamatan saya, dengan adanya pembinaan kepribadian dan kemandirian di Rutan Purworejo, para WBP mengalami perubahan dan perbaikan yang cukup signifikan. Yang tadinya tidak mau ibadah, setelah disini mereka mau Shalat 5 waktu, Shalat Tahajjud, dan bahkan ada yang puasa Senin Kamis,” paparnya.

Eko menjelaskan bahwa ada beberapa WBP yang tadinya sama sekali tidak bisa membaca Al Quran, kemudian di dalam Rutan belajar Iqro’, lambat laun mereka bisa membaca Al Quran dengan fasih. Dan setiap Jumat ada kegiatan pembacaan Surat Yasin dan Tahlil untuk mengirim doa para arwah yang sudah meninggal dunia.

” Output yang kita harapkan dari pembinaan kepribadian dan kemandirian di dalam Rutan adalah mereka mau dan mampu bertaubat, memperbaiki diri, dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. Sehingga tingkat kejahatan di Purworejo ini bisa menurun dan mereka nantinya bisa kembali ke keluarganya serta bermasyarakat secara normal,” urainya.

Menurutnya, hubungan antara Rutan Purworejo dengan Polres, Kejaksaan dan Pengadilan cukup baik dalam menjalankan sistem Peradilan di Indonesia. Masing- masing lembaga sudah melaksanakan Tupoksinya (Tugas Pokok dan Fungsinya) dengan baik.

” Polres Purworejo yang mempunyai Tupoksi Penyelidikan dan Penyidikan sudah bekerja dengan baik. Kejaksaan yang punya Tupoksi Penuntutan juga sudah maksimal dalam menjalankan tugasnya. Demikian juga Pengadilan yang Tupoksinya adalah menjatuhkan Vonis, juga sudah bekerja dengan baik. Jadi kami sinergi dengan mereka,” paparnya.

Pesan- pesan dan harapan Kepala Rutan Purworejo kepada WBP adalah pertama, ikuti seluruh kegiatan dan pembinaan di dalam Rutan dengan baik, kedua, patuhi arahan dan perintah petugas Rutan karena tujuannya adalah demi perbaikan WBP itu sendiri.

Ketiga, segeralah bertaubat dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. Smoga dengan bekal selama berada di dalam Rutan, mereka dapat berkumpul lagi dengan keluarga dengan baik. Keempat, smoga mereka bisa berguna bagi masyarakat setelah nantinya bebas dari Rutan,” pungkas Eko Ari Wibowo di penghujung Wawancara dengan Media Online seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline