logo seputarnusantara.com

Ajak Warga Reboisasi Hutan, Aktivis Dipenjara 5 Tahun

4 - Jul - 2010 | 09:00 | kategori:Internasional

beijingBeijing. Seputar Nusantara. Sebagai seorang aktivis lingkungan hidup, Richen Samdrup terbilang giat mengajak penduduk di Pegunungan Gonjo, Tibet, untuk memunguti sampah yang dibuang sembarangan. Ia juga berhasil membujuk warga untuk mereboisasi hutan di kawasan itu. Namun, siapa sangka sebuah pengadilan di China menjebloskannya ke penjara. Samdrup harus meringkuk di dalam penjara selama lima tahun. Rupanya, hakim yakin kegiatan peduli lingkungan hidup yang dilakukan Samdrup hanyalah kedok saja. Ia dinyatakan bersalah telah menghasut warga Gonjo untuk ikut serta dalam gerakan pemisahan diri Tibet dari kekuasaan China.

Seperti dikutip dari reuters, Sabtu (3/7/2010), Samdrup dituduh telah memposting artikel-artikel pro Dalai Lama dalam website-nya. Ia mempunyai waktu 10 hari untuk mengajukan banding ke pengadilan yang lebih tinggi.

Hakim menyatakan, LSM yang dikelola Samdrup telah memobilisasi sekitar 1.700 warga dan juga menerbitkan sebuah masalah kecil. Namun, Samrup, yang terancam kehilangan hak politiknya selaa beberapa tahun itu, tetap ngotot tidak bersalah. (dtc/Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Internasional | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.